Berita HSS

Petugas Kebersihan Ini 10 Tahun Bergelut Sampah, Tak Kecewa HSS Tak Raih Adipura, Ini Alasannya

Adalah, Asransyah (45), Ketua tim kebersihan taman kota Kandangan, yang sudah 10 tahun mengabdi sebagai Pasukan Oranye.

Petugas Kebersihan Ini 10 Tahun Bergelut Sampah, Tak Kecewa HSS Tak Raih Adipura, Ini Alasannya
banjarmasinpost.co.id/hanani
Petugas kebersihan taman di kota Kandangan, Hulu Sungai Selatan, Rabu (23 1 2019) membersihkan taman di jalan Antasasi Kandangan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN -  Kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, kini kian bersih dan tertata rapi. Namun, kondisi tersebut belum cukup sebagai modal bagi HSS meraih Adipura 2019 ini.

Pemkab setempat mengakui,  Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) belum terkelola dengan baik.  Meski demikian, hal tersebut tak menyurutkan semangat para petugas kebersihan, untuk terus mendukung Pemkab HST menciptakan Kandangan yang indah dan rapi.

Adalah, Asransyah (45), Ketua tim kebersihan taman kota Kandangan, yang sudah 10 tahun mengabdi  sebagai  Pasukan Oranye.

Kini, warga Desa Bamban Utara, Kecamatan Angkinang tersebut tak lagi pakai seragam oranye. Dia menggunakan seragam warna Army. Seragam baru untuk petugas kebersihan di Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup HST, khusus di bagian taman.

Rabu (23/1/2018), Asransyah bersama tim-nya terlihat memotong rumpun taman di median jalan Antasari depan Kantor Bupati HSS. Juga merapikan tanaman hias, dengan cara memangkas pohon yang sudah tinggi dan menjulur ke luar area taman. Menurut Asran, pekerjaan tersebut mereka lakukan sejak pukul 07.00 wita sampai pukul 13.00 wita. Penangkasan dilakukan secara berkala.

Baca: Beda Reaksi Jokowi & Anies Baswedan Ahok Bebas Besok, Jokowi Terserah Ahok, Anies Siap Layani

Baca: UPDATE Korban Banjir di Gowa Sumatera Selatan, Tim SAR Temukan Lagi 3 Jasad, Total Korban Jadi 11

Baca: Banjir Sulsel, Data BNPB Delapan Tewas, Empat Hilang dan Ribuan Warga Mengungsi, Gowa Terparah

Tim kebersihan taman, terdiri 33 orang yang terbagi beberapa kelompok. Dia  dan rekan-rekannya, bertanggungjawab atas kebersihan dan kerapian taman di seluruh Kota Kandangan, termasuk Taman Palindangan, yang merupakan ruang terbuka hijau, hingga taman di jalan perbatasan HSS-Tapin, Hamalau.

 “Sebelumnya, saya juga pernah di bagian sampah,”tutur Asransyah.

Selama 10 tahun menjadi petugas kebersihan, Asransyah mengaku berupaya bekerja dengan ikhlas. Namun, saat ditanya tahun 2019 ini HST tak masuk sebagai peraih Adipura, Asran mengaku tak kecewa. Alasannya, meraih atau tidak meraih adipura, dia dan rekan-rekannya tetap saja bekerja seperti biasa, sehingga tak ada beban harus menerima penghargaan.

Bagi kami setiap hari upaya  yang kami lakukan itu sudah Adipura. Justu jika ada taman yang sampai rusak dan tak rapi, itulah yang menjadi masalah bagi kami,”tuturnya. Meski demikian, bukan berarti kata Asransyah petugas kebersihan tak mendukung pemerintah meraih piala symbol kebersihan kota tersebut.

Baca: Barito Putera Dikalahkan PSS Sleman Piala Indonesia, Jacksen Sebut Belum Padu, Hasnuryadi Minta Maaf

Baca: Diperkosa Ayah 4 Kali Sehari Selama 8 Tahun, Gadis Cantik Melahirkan saat Ayahnya Ditangkap Polisi

 “Yangkami lakukan adalah bekerja dengan ikhlas,”tambah Supian, petugas kebersihan lainnya dari Desa Taniran, yang sudah lima tahun bergabung di sebagai pekerja di dinas yang menangani ligkungan hidup tersebut. Menurut Asransyah danSupian, HSS meraih Adipura, pada penilaian 2016 dan 2017. Saat itu, mereka menerima hadiah jalan-jalan ke Kota Pelaihari.

Mereka menyatakan bersyukur, pada 2019 ini, Pemkab HSS menaikkan upah mereka, menjadi Rp 1,8 juta per bulan dan berharap dimasa yang akan datang kesejahteraan petugas kebersihan  terus ditingkatkan. Disebutkan, untuk jam kerja di bagian taman, mulai Senin sampai Jumat. Namun, harus siap dipanggil pada kondisi tertentu, seperti ada taman yang rusak dan kondisi lainnya. (banjarmasinpost.co.id/hanani)  

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved