Berita Kabupaten Banjar

Tangani Banjir di Jalan Menuju Ponpes Darussalam, PUPR Banjar Bakal Lakukan Cara Ini

Luapan air di Jalan P Abdurahman, Kelurahan Pesayangan, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), menjadi perhatian Dinas

Tangani Banjir di Jalan Menuju Ponpes Darussalam, PUPR Banjar Bakal Lakukan Cara Ini
banjarmasinpost.co.id/idda royani
Begini kondisi saluran drainase di Jalan P Abdurahman, Martapura. Menurut warga setempat, saluran ini kian dangkal sehingga memperparah banjir di jalan umum setempat. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Luapan air di Jalan P Abdurahman, Kelurahan Pesayangan, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), menjadi perhatian Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan ruang (PUPR) Kabupaten Banjar.

Penanganan jangka pendek yang akan dilakukan yakni membersihkan saluran drainase setempat. Namun upaya ini dinyatakan tidak akan mampu mengatasi banjir saat hujan deras kembali mengguyur.

"Terus terang kami pun bingung bagaimana mengatasi luapan air di Jalan P Abdurahman itu. Kawasan setempat memang paling rendah sehingga air hujan dari area sekitar menuju ke wilayah itu," ucap Kepala Bidan Sumber Daya Air, PUPR Banjar, Rahmadi, Rabu (23/01/2019).

Pejabat eselon III di Bumi Barakat ini mengatakan persoalan luapan air di kawasan tersebut selama ini pun telah menjadi perhatian pihaknya. Hingga kini belum ditemukan solusi jitu untuk mengatasi luapan air setempat saat terguyur hujan deras.

Baca: Haul KH Anang Sya’rani Arif Dihadiri Puluhan Ribu Jamaah, Ini Pesan dari Bupati Kabupaten Banjar

Baca: Pesawahan Kabupaten Banjar Tenggelam, Jalan Umum Menuju Ponpes Darusalam Martaputra Ikut Terendam

Baca: Uang Jajan Putra Maia Estianty, Dul Jaelani dari Irwan Mussry Terungkap, Sama dengan Ahmad Dhani?

Pendalaman saluran drainase setempat pun, sebut Rahmadi, juga tidak akan mampu mengatasi banjir. Termasuk semisal memajang siring permanen drainase, juga tidak akan mampu menjadi solusi karena air tetap akan mengendap.

"Yang paling memungkinkan adalah melalui pendalaman saluran disertai peninggian badan jalan serta pemasangan sejenis pipa berdiametetr besar. Lalu dibarengi upaya penyedotan ketika mulai terjadi genangan. Sementara hanya ini cara yang paling realistis untuk diterapkan," cetus Rahmadi

Penuturan warga, genangan di Jalan P Abdurahman tersebut selama ini selalu terjadi tiap kali hujan deras menguyur. Sejak awal pekan tadi hingga Rabu (23/01/2019) genagan air di jalan umum setempat juga masih lumayan dalam hingga 40 sentimeter sejauh puluhan meter. Kondisi ini sangat menganggu aktivitas warga, termasuk kalangan santri Ponpes Darussalam.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved