Berita Banjarbaru

Ubah Pola Hidup Sehat Warga dengan WC Komunal, PUPR Banjarbaru Juga akan Bangunkan di Pesantren

Kehadiran Tangki Septik Skala Komunal di sejumlah wilayah Kota Banjarbaru masih dinantikan pembangunannya kembali oleh masyarakat.

Ubah Pola Hidup Sehat Warga dengan WC Komunal, PUPR Banjarbaru Juga akan Bangunkan di Pesantren
banjarmasinpost.co.id/aprianto
WC Komununal (septic tank) yang sudah dikreasikan menjadi lebih indah di kawasan Kelurahan Gunung Paikat. 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARBARU - Kehadiran Tangki Septik Skala Komunal di sejumlah wilayah Kota Banjarbaru masih dinantikan pembangunannya kembali oleh masyarakat.

Di sejumlah wilayah masih belum terakomodir adanya program pembangunan ini. Mengingat tangki septik skala komunal bisa membuat kondisi WC yang sehat dan bersih.

"Di tempat kita masih belum ada. Tentunya kita juga berharap akan ada bantuan untuk pembuatan Tangki Septik Skala Komunal," kata, Warga Liang Anggang, Rusmah, Rabu, (23/1/2019).

Mengingat informasi yang dia dapat, sistem itu bisa digunakan untuk tiga hingga lima kepala keluarga dan bantuan secara gratis.

Kepala dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarbaru Jaya Kreshna mengatakan bahwa untuk 2019 akan kembali dilakukan pembangunan Tangki Septik Skala Komunal.

"Program itu dilakukan untuk mengubah pemikiran bahwa tangki septik tidak terkesan jorok dan kotor. Sekarang, bentuknya dikreasikan dan berinovasi sesuai dengan kreatifitas warga," katanya.

Pada 2018 tadi ada 162 titik dari 17 Kelurahan yang dibangunkan secara gratis tangki septik dengan berbagai bentuk inovasinya. Satu tangki saptik bisa digunakan untuk tiga hingga lima kepala keluarga.

Baca: Uang Jajan Putra Maia Estianty, Dul Jaelani dari Irwan Mussry Terungkap, Sama dengan Ahmad Dhani?

Baca: Regenerasi Ulama, Pemkab HST Berangkatkan Tiga Santri ke Luar Negeri Dibiayai Sampai Lulus

Baca: Tangis Aurel Hermansyah Usai Diusir Ashanty Buat Putri Sulung Krisdayanti dan Anang Ini Jera

"Bentuknya beragam, ada yang seperti taman baca, taman bunga dan beragam karya yang indah dan bersih. Sehingga kesan jorok dan kotor tidak terlihat," katanya.

Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kota Banjarbaru Abdus Samat menambahkan bahwa pada 2019 akan kembali dibangunkan secara gratis Tangki Septik Skala Komunal untuk 10 kelurahan dari tiga kecamatan.

"Saat ini masih dalam proses persiapan. Selain untuk wilayah keluarganya juga direncanakan untuk wilayah pesantren," katanya.

Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani mengapresiasi inovasi dan kreatifitas warga yang sudah dilakukan dengan mempercantik kawasan dan menghilangkan kesan jorok dari tangki septik.

"Harapkan kita, ini bisa mengatasi persoalan kawasan kumuh dan sanitasi yang kurang baik di Banjarbaru," katanya (banjarmasinpost.co.id/aprianto)

Penulis: Aprianto
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved