Berita Kabupaten Banjar

Dinkes Banjar Gencar Berantas Sarang Nyamuk Tekan Meningkatnya Kasus DBD, Tanam Ini

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Ikhwansyah mengatakan, pihaknya bersama-sama mengajak semua elemen masyarakat memberantas sarang nyamuk.

Dinkes Banjar Gencar Berantas Sarang Nyamuk Tekan Meningkatnya Kasus DBD, Tanam Ini
banjarmasinpost.co.id/hasby suhaili
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Ikhwansyah tanam pohon anti nyamuk 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTPURA — Menekan angka demam berdarah di Kabupaten Banjar, Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) tersebar di beberapa lokasi. Mengingat sepanjang Januari 2019 ini terjadi 65 kasus demam berdarah dengue (DBD) dan susfek sebanyak 31 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Ikhwansyah mengatakan, pihaknya bersama-sama mengajak semua elemen masyarakat memberantas sarang nyamuk atau PSN dan 3 M Plus dan gerakan satu rumah satu pemantau jentik di masyarakat atau lingkungan sekolah.

“Kami berharap melalui aksi seperti ini dapat memutuskan rantai penularan penyakit DBD. Saat ini kasus di Kabupaten Banjar selama Januari ada 65 kasus, dan yang suspek 31 orang,” katanya, Kamis (24/1).

Ikhwansyah berharap, semoga aksi yang seperti ini dapat diikuti kecamatan atau sekolah-sekolah yang lain. Kepedulian terhadap kebersihan sangat berpengaruh dengan kesehatan dan peran aktif masyarakat untuk bergotong royong melakukaan langkah-langkah penularan penyakit DBD.

Baca: SEDANG BERLANGSUNG! Live Streaming Indonesia Masters 2019, Kamis (24/1), Ada Marcus/Kevin!

Baca: Ribuan Durian di Kontes Durian dan Buah Eksotik di Kiram Park Habis Dilahap Pecinta Durian

Gerakan 3M yakni Menguras air di penampungan, Mengubur barang-barang tidak terpakai dan Menutup tempat penampungan air serta taburkan bubuk abate pada bak penampungan. Sedangkan khusus sekokah dan instansi pemerintah maupun swasta di wiliayah Kabupaten Banjar dengan melakukan Jum'at bersih secara berkesinambungan minimal 30 menit.

“Seperti yang kami gelar di Keramat bersama-sama muris SD Keramat, diikuti jajaran puskesmas serta aparatur desa hingga kecamatan. Kami terus menekan angka kasus DBD di Kabupaten Banjar, pada 2018 lalu ada 305 kasus,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Ikhwansyah mengatakan, pihaknya bersama-sama mengajak semua elemen masyarakat memberantas sarang nyamuk
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Ikhwansyah mengatakan, pihaknya bersama-sama mengajak semua elemen masyarakat memberantas sarang nyamuk (banjarmasinpost.co.id/hasby suhaili)

Diakuinya dengan fogging sebenarnya tidaklah menyelesaikan masalah, karena hanya mematikan nyamuk maka lebih baik dan tepat PSN yang diutamakan barulah dilakukan foging.

Pihaknya sudah melakukan fogging sekaligus PSN di Tanjungrema Darat RT 4 Gang Sampurna Martapura, Cindaialus RT 11 Martapura, Desa Pasarjati RT 2 Astambul, Desa Danausalak RT 2 Astambul, Mandianginbarat RT 1 Karangintan, Mandiangintimur RT 2 Karangintan, Sungaialang RT 1 Karangintan, Desa Padangpanjang RT 2 Karangintan, Desa Gudanghirang RT 4 Sungaitabuk, Desa Keramat RT 3 Sungaitabuk, Desa Pematangpanjang RT 2 Sungaitabuk.

Baca: Ahok atau Basuki Tjahaja Purnama (BTP) Resmi Bebas, Unggahan Pertama : Merdeka!

Baca: Gara-Gara Nia Ramadhani Posting Foto Bareng Iqbaal Ramadhan, Buat Bintang Film Dilan Disebut Ini

Selanjutnya di Jalan Kebun Serai RT 9 Bincau, RT 4 Kelurahan Sungaiparing Martapura, Mandianginbarat RT 1 Karangintang, Mandiangintimur RT 2 Karangintan, Desa Padangpanjang RT 2 Karangintan, Tatahbelayung Baru RT 4 Kertakhanyar, Bunyamin Residence Kertakhanyar, Kompleks Rina Karya RT 8 Kertakhanyar, Manaraptengah RT 6 Kertakhanyar, Jalan Pemajatan KM 1.700 RT 10 Kelurahan Gambut.

Sedangkan pada Kamis (24/1), pihaknya menggelar fogging dan PSN di Desa Keliling Bentengulu Martapura Barat, Desa Tangkas Martapurabarat dan Desa Simpangtiga Mataraman. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved