Kalsel Bergerak

Ini Harapan dan Dorongan Pemprov Kalsel untuk Perluasan Bandara Syamsudin Noor Agar Cepat Selesai

Ini Harapan dan Dorongan Pemprov Kalsel untuk Perluasan Bandara Syamsudin Noor Agar Cepat Selesai

Ini Harapan dan Dorongan Pemprov Kalsel untuk Perluasan Bandara Syamsudin Noor Agar Cepat Selesai
milna sari
Sekdaprov Kalsel, Abdul Haris Makkie 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Bandara Syamsuddin Noor yang baru nantinya akan menjadi dambaaan masyarakat. Kini tengah dikebut pengerjanya.

Pihak pelaksana pengerjaan Bandara Optimis Operasi Oktober 2019 rampung dan bisa dioperasionalkan di November 2019.

Sekertaris Darerah Kalimantan Selatan, Abdul Haris, dalam rapat evaluasi kemarin, mengungkapkan terus mendorong untuk selesainya perluasan bandara Syamsuddin Noor yang baru nantinya.

"Kami juga berharap dan mendorong agar cepat selesai. Sehingga bisa menjadi bandara internasional. Harapan kami juga dengan adanya Bandara baru ini bisa berimplikasi penyerapan tenaga lokal dari warga Kalsel, dan kedua bisa menciptakan sinergi dengan Perguruan Tinggi untuk membuka jurusan baru yang kesesuaian dengan apa yang diperlukan pihak Bandara Syamsuddin Noor," kata Abdul Haris.

Project Manager Pengembangan Bandara Syamsudin Noor Angakasa, Dadang Dian, menjelaskan progres untuk paket I, karena masih baru dikerjakan pada Mei 2018 kini progresnya sudah lumayan dimana 31,225 persen. Adapun progres paket dua 66,436 persen (Lihat tabel).

"Ya sementara itu, dan itu progresnya sudah naik dari laporan Per 6 Januari kemarin," kata Dadang Dian.

Dadang Dian menyampaikan pihaknya bersyukur penambahan akses jalan untuk memasukan armada pengecoran sudah disetujui dari Pemko dan Lanud Syamsuddin Noor.

Karena, hal ini membuat armada yang sebelumnya hanya mampu mengangkut maksimum 200 kubik perhari, dengan dibukannya akses bertambah menjadi 400 kubik.

“Aksesnya Jalan di depan TNI AU. Disitu jalannya juga sudah di cor dan sudah dapat dukungan dari Danlanud," tandanya.
Dadang Dian Optimis bahwa Bandara Syamsuddin Noor tersebut bisa rampung Oktober 2019 dan bisa dipakai November 2019. "Kita terus optimis," kata dadang Dian.

Sementara dukungan Pemprov Kalsel untuk mempermulus akses Jalan lingkar utara Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin di Banjarbaru terus dikerjakan.

"Ya, PUPR Provinsi ada mengalokasikan anggaran untuk peningkatan jalan tersebut Rp 40 Miliar di tahun 2019. Sisanya untuk menyelesaikannya dimintakan nasional. Sebab belum bangunan pelengkap dan akses jalan itu memerlukan Rp 120 miliar. Karena itu kita berharap itu nasional bisa masuk untuk menggarapnya," kata Kepala Dinas PUPR Kalsel, Roy Rizali Anwar.

Agar ke depannya Balai Jalan Nasional bisa masuk untuk mengerjakan akses jalan tersebut, maka diperlukan untuk perubahan SK status jalan tersebut dari Provinsi ke Nasional.

"Yang pasti jalan akses ke bandara dari lingkar utara menuju ke Bandara itu direncanakan akan dijadikan jalan nasional. Tahap terakhir kemarin, memang ada tim dari tim dari kementerian PU pusat sudah survei ke lokasi. Informasi yang kita dapat itu memang akan diubah SK-nya menjadi statusnya jalan Nasional. Saat ini masih statusnya jalan Provinsi," kata Roy.

(*/AOL)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved