Berita Banjarmasin

Jelang Perayaan Imlek 2019, Nirmala Heran Penjualan Sepi, Hanya Hiasan Dinding yang Laku

Ia menjelaskan, volume penjualan tokonya saat ini hanya seperempat dibanding penjualan di waktu yang sama di tahun sebelumnya.

Jelang Perayaan Imlek 2019, Nirmala Heran Penjualan Sepi, Hanya Hiasan Dinding yang Laku
capture banjarmasin post
Banjarmasin Post edisi Kamis (24/1/2019) halaman 9 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Seperti halnya tahun-tahun sebelumnya, warna merah yang mencolok mewarnai sejumlah toko dalam rangka menyambut perayaan Tahun Baru Musim Semi atau yangbiasa disebut Imlek. Misalnya di Toko Nirmala, lampion berbagai jenis dan ukuran tergantung di depan toko, di bawahnya dipajang puluhan jenis hiasan dan ornamen dinding khas Imlek.

Sayangnya penjualan pernak-pernik dan perlengkapan Imlek di toko ini tak semeriah suasana toko yang dipenuhi ratusan macam produk berwarna dominan merah dan kuning emas. Pemilik Toko, Nirmala mengaku heran, karena kurang lebih dua minggu menjelang perayaan masih sepi pembeli.

"Penjualan tahun ini tidur (sepi), tidur sama sekali sampai sekarang ini belum ada yang belanja (besar) engga tahu kenapa," keluhnya saat ditemui BPost, Rabu (23/1/2019).

Ia menjelaskan, volume penjualan tokonya saat ini hanya seperempat dibanding penjualan di waktu yang sama di tahun sebelumnya. Bahkan lilin dan dupa yang jadi produk paling laku di toko ini pada momen jelang Imlek juga tak banyak terjual. "Hiasan dinding juga satu dua yang laku, untung cuma beli sedikit stoknya" kata Nirmala.

Setiap tahun Nirmala mengaku merasakan penjualan pernak-pernik dan perlengkapan Imlek semakin sepi.

"Terakhir masih terasa semarak dan meriah juga banyak yang beli 2017, 2018 sampai tahun ini sepi," terangnya.

Baca: Beda Reaksi Jokowi & Anies Baswedan Ahok Bebas Besok, Jokowi Terserah Ahok, Anies Siap Layani

Baca: Live Streaming Basuki Tjahaja Purnama (BTP)/Ahok Bebas Dari Mako Brimob, Bripda Puput Nastiti Devi?

Baca: KalselPedia - Kelenteng Karta Raharja Po An Kiong Banjarmasin Kalsel, Dewa Perang Turun saat 23 Mei

Baca: Uang Jajan Putra Maia Estianty, Dul Jaelani dari Irwan Mussry Terungkap, Sama dengan Ahmad Dhani?

Ia memprediksi perayaan Hari Raya Imlek Tahun 2019 menyambut Tahun Babi tak akan semeriah dan sesemarak beberapa tahun sebelumnya. Menurutnya faktor perekonomian masyarakat lesu geliatnya belum dirasakan merata menjadi salah satu faktor sepinya penjualan pernak-pernik dan perlengkapan Imlek di tokonya.

Menurut Nirmala saat ini pembeli justru datang dari perusahaan-perusahaan termasuk perbankan, hotel untuk keperluan dekorasi penanda menyambut Imlek 2019 yang akan jatuh pada Selasa (5/2).

"Sekarang orang beli cuma pertanda aja tiba Imlek, sudah kurang kemeriahan perayaan besar-besaran di rumah-rumah," terang perempuan berusia lebih dari 70 tahun ini.

Selain dupa dan lampion, ada berbagai jenis pernak-pernik dan perlengkapan Imlek lainnya yang dijual di Toko ini termasuk kalender, imitasi pohon jeruk, kue kerjanjang, angpao hingga mainan barongsai.

Beragam pernak-pernik dan perlengkapan ini dijual dengan harga beragam mulai belasan hingga ratusan ribu rupiah. Salah satu pernak-pernik paling mahal di toko ini yaitu mainan kucing keberuntungan berukuran jumbo.
Berwarna dominan emas dengan hiasan merah dan hitam, mainan dengan tinggi lebih dari 40 sentimeter ini dijual Rp 400 ribu per unit. (banjarmasinpost.co.id/acm)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved