Kalsel Bergerak

Paman Birin Ingin Ada Kontes Durian Sekala Nasional di Banua

Kontes durian dan pameran buah eksotik sekaligus makan durian bersama Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor diselenggarakan sukses di areal Kiram Park

Paman Birin Ingin Ada Kontes Durian Sekala Nasional di Banua
banjarmasinpost.co.id/hasby suhaili
Anita, pemilik duran si Lasung juara kontes durian di Danau Tamiyang, Mandikapaubarat, Kabupaten Banjar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kontes durian dan pameran buah eksotik sekaligus makan durian bersama Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor diselenggarakan sukses di areal Kiram Park, Kamis (24/1/2019).

Hadir sekuruh SKPD Lingkup Provinsi Kalsel dan beberapa bupati serta Forkompinda, tak terkecuali Sekdaprov Kalsel, Abdul Haris.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, bersyukur kegiatan kontes durian ini berlangusng dengan baik.
Menurut Gubernur Kalsel, kontes durian dab pameran buah eksotik ini merupakan bentuk upaya pelestarian buah lokal di Kalsel yang memiliki keunikan tersendiri.
Paman Birin bersyukur dan bangga dengan beragam buah lokal yang ada, khususnya buah durian yang banyak tersebar di berbagai wilayah di Kalsel.

"Kebanggaan yang sudah seharusnya kita ikuti dengan upaya untuk mempertahankanya dengan terus menanam menanam dan menanam agar buah lokal kita tetap ada dan lestari," ucapnya.

Kedepan Gubernur berharap kontes durian ini bisa menjadi cikal bakal kontes durian bertarap nasional untuk lebih mengenalkan durian unggul khas Kalsel.

"Ini kontes durian tingkat Provinsi, kita berharap juga nantinya akan ada tingkat nasional, kita terus bergerak untuk meningkat kesejahteraan masyarakat, kita harus bertekad dan optimis kontes durian menjadi motivasi untuk menggelar kontes yang lebih besar di waktu mendatang,"ucapnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Syamsir Rahman, menjelaskan bahwa untuk yuang ikut kontes dibatasi. "Memang semula ada lebih dari 70 peserta. Namun kami batasi 70 peserta saja
dari 12 kabupaten kota," kata Syamsir rahman.
Bukan hanya itu saja, akan tetapi juga ikut dilombakan kategori umum dengan jumlah peserta sebanyak 59 peserta. Dari pagi hingga siang dewan juri penilai tampak seius meneliti satu persatu jenis varian durian yang ada. sesekali dicatatannya, dan dilihat ketebalannya sebagian dirasakan kelezatannya oleh dewan juri.
Pelaksana Kabid Horti, Herlina menambahkan, untuk juara satu dan dua hadiahnya diberikan hadiah kendaraan dua unit hadiah kedua kulkas "Total hadiah seratus juta," kata dia.
(AOL/*)

Berikut daftar pemenang lomba kontes durian tingkat provinsi Kalsel:

Juara Kontes Durian:

1. Nomor peserta 35 dari Banjarbaru (Durian Si-Tapai) nilai 790
2. Nomor peserta 36 dari banjarbaru (Durian si pengantin) Nilai 780.
3. nomor peserta 22 dari HSS (Durian ulang ulang) Nilai 765

Juara favorit:

Gubernur: nomor 21 durian HST
Ibu Gubernur: no 27 Durian Harti-Balangan 
Sekda: Nomor 11 Durian Jukung Sulanjai Tabalong.
Kadis TPH: 04 Durian Kamundai Sulangai-balangan.

Non Durian:
1. Mantoala Batu hayam dari HST : Nilai 805.
2. Mantoala Layoh dari HST: Nilai 795.
3. Lay mardaun darui Kotabaru : Nilai 785.

Buah terlangka. Traku dari Balangan.
Buah terunik: Tabalong.
Buah terenak: Mundar dari Kabupaten banjar.

(sumber: Panitia)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved