Berita Tanahbumbu

Pemkab Tanah Bumbu Berdayakan Penyandang Disabilitas, Tiap SKPD Kontrak Satu Orang

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu memberi kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk berkarya di instansi pemerintahan.

Pemkab Tanah Bumbu Berdayakan Penyandang Disabilitas, Tiap SKPD Kontrak Satu Orang
banjarmasinpost.co.id/helriansyah
Kantor Bupati Kabupaten Tanah Bumbu 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BATULICIN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu memberi kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk berkarya di instansi pemerintahan.

Pemberdayaan mereka penyandang disabilitas sebagai tenaga kontrak, masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) direkrut sebanyak satu orang.

Kebijakan tersebut berlangsung sudah lama atau periode kedua saat kepemimpinan Mardani H Maming sebagai Bupati Tanah Bumbu. Pemberdayaan mereka penyandang disabilitas, ini masih dilakukan.

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tanah Bumbu Drs HM Aini kepada banjarmasinpost.co.id membenarkan, adanya kebijakan Pemkab Tanah Bumbu untuk memberdayakan bagi mereka penyandang disabilitas.

Baca: Ditunjuk Jadi Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Eddy Pramono Bersumpah Demi Allah

Baca: Beda Reaksi Jokowi & Anies Baswedan Ahok Bebas Besok, Jokowi Terserah Ahok, Anies Siap Layani

Baca: Ahok Basuki Tjahaja Purnama (BTP) Bebas Hari Ini, Aktivitas dalam Penjara yang Sulit Dilupakan Ahok

Aini menjelaskan, hanya untuk pengrekrutan penyandang disabilitas sebagai tenaga kontrak selain oleh masing-masing SKPD. Namun juga termasuk penganggarannya.

"Jadi masing-masing SKPD yang menganggarkan. Tapi belum tahu berapa jumlah sudah direkrut SKPD," terang Aini kepada banjarmasinpost.co.id saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (24/1/2019).

Pengrekrutan tidak melalui instansinya, tambah Aini, karena Pemkab Tanah Bumbu tidak ada lagi penerimaan tenaga honor atau non PNS. Hanya tenaga kontrak melalui masing-masing SKPD.

"Di BKD juga ada disabilitas, tahun ini. Tahun sebelumnya ada anggaran tapi belum menerima karena waktu itu belum ada yang pas," ungkapnya.

Disinggung soal kebijakan itu, karena Pemkab Tanah Bumbu ingin memberikan kesempatan bagi mereka penyandang disabilitas untuk berkarir di pemerintahan.

"Mereka juga sama dengan yang orang normal umumnya. Kemarin saja saat penerimaan CPNS juga memberi kesempatan mereka disabilitas," pungkas Aini kepada banjarmasinpost.co.id.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanah Bumbu Ardiansyah mengakui, adanya kebijaka. kepala daerah sebelumnya masing-masing SKPD merekrut satu orang penyandang disabilitas.

Bahkan saat ini, ia telah memberdayakan satu orang disabilitas untuk berkarir di instansinya.

(Banjarmasinpost.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved