Berita Banjarmasin

Penjelasan Disdukcapil Banjarmasin Soal KTP Sementara dan Prioritas yang Dapat e-KTP

Penjelasan Disdukcapil Banjarmasin Soal KTP Sementara dan Prioritas yang Dapat e-KTP

Penjelasan Disdukcapil Banjarmasin Soal KTP Sementara dan Prioritas yang Dapat e-KTP
banjarmasin post group/ isti rohayanti
Aktivitas pelayanan di Kantor Disdukcapil Banjarmasin, Kamis (24/1/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tiga tahun sudah, warga Banjarmasin, Haryadi Sulistyanto memegang KTP sementara. Kartu identitas tersebut berbentuk selembaran kertas yang bertuliskan sejumlah keterangan, terutama identitas dirinya dan pihak yang mengeluarkan surat keterangan tersebut.

Kepada Banjarmasinpost.co.id, Kamis (24/1/2019) di Kantor Disdukcapil Kota Banjarmasin, Jalan Sultan Adam, Banjarmasin, Kalsel ia menceritakan tentang belum mendapatkan E-KTP selama tiga tahun. 

Menurut informasi yang ia dapat dari petugas pelayanan, E-KTP dikhususkan untuk pemula. Lantas ia juga diarahkan oleh petugas pelayanan untuk menemui Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin.

“Sudah tiga tahun saya hanya diberikan KTP sementara. Alasan mereka karena saya pindahan dari Kabupaten Baritokuala. Sedangkan adik ipar saya yang baru mengurus e-KTP bisa mendapatkan,” ucap Haryadi.

Baca: Link Live Streaming TVRI Chelsea vs Tottenham Hotspurs Carabao Cup Malam Ini, Ditunggu City

Baca: Doa Sandiaga Uno untuk Ahok, Mardani Sebut Bukti BTP Tak Dukung Jokowi & Prabowo di Pilpres 2019

Baca: Beberkan Calon Bayi, Aura Kasih Curhat Rasakan Sebagai Ibu Hamil Usai Nikahi Eryck Amaral

Ia juga mengatakan, setiap kali perpanjangan KTP sementara yang sepengatahuannya hanya berlaku enam bulan, ia hanya mendapatkan kertas yang sama. Ia juga merasa lelah karena harus kembali ke Disdukcapil setiap perpanjangan.

Selain itu ucap Haryadi seolah ada prioritas pagi pembuat E-KTP pemula dibanding yang sudah pernah membuat kemudian ada pergantian data.

Sementara itu, mengenai hal tersebut, Kadisdukcapil Kota Banjarmasin, Khairul Saleh menerangkan tidak ada priorotas. Baik itu pemula maupun mereka yang sebelumnya telah memiliki E KTP kemudian hilang, rusak atau pergantian data dan sebagainya.

Lebih lanjut, Khairul menerangkan saat ini ada 2.000 blangko yang tersedia. Sementara ada sekitar 15.000 warga Banjarmasin yang menjadi pemula untuk memiliki E-KTP. Sehingga ia pun memberikan kebijakan untuk pembuat E KTP pemula dan warga yang dinyatakan memang harus memiliki E KTP, bukan KTP sementara.

Baca: Pengakuan Vigit Waluyo ke Krishna Murti Soal Pengaturan Skor Liga Indonesia, Setor ke Wasit?

Baca: Mucikari Vanessa Angel Koleksi 1.000 Video Mesum Artis di Handpone, Terkait Prostitusi Online Artis?

Keperluan penting yang disampaikan Khairul di antaranya ialah untuk umrah, sekolah di luar daerah, keberangkatan ke luar negeri dan sejenisnya. Itupun jelasnya harus memperlihatkan bukti bahwa yang bersangkutan memang layak mendapatkan E KTP.

Ditegaskan olehnya pula, meski tidak memiliki E KTP, KTP sementara yang diberikan oleh Disdukcapil sama sekali tidak menggangu pelayanan. Dalam artian bisa digunakan pada instansi manapun. Bahkan sistem berlakunya sama dengan E KTP hanya berbeda bentuk.

Sementara perihal perpanjangan KTP sementara, Khairul mengatakan pada kebijakan sebelumnya surat keterangan itu memang berlaku pada batas waktu tertentu. Namun ada kebijakan baru yang menyatakan KTP sementara bisa berlaku tidak berbatas.

(banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved