Banjarbaru Pemenang 2019

Banjarbaru Borong Tropi Kontes Durian di Kabupaten Banjar

Buah durian dari Kota Banjarbaru sukses memboyong dua piala pada kontes durian tingkat Kalsel yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kalsel

Banjarbaru Borong Tropi Kontes Durian di Kabupaten Banjar
Dok Dinas KP3 Kota Banjarbaru untuk BPost Group
Kepala Dinas KP3 Kota Banjarbaru saat menerima tropi kontes durian dari Gubernur Kalsel. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Buah durian dari Kota Banjarbaru sukses memboyong dua piala pada kontes durian tingkat Kalsel yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di Kiram Park, Kabupaten Banjar.

Kontes durian yang dinilai dari ukuran, rasa, ketebalan, warna, tekstur hingga aroma duriannya.

Durian si Tapai dan Durian si Pengantin sukses meraih juara satu dan dua untuk kontes durian itu. Durian si Tapai dengan nomor peserta 35 dari Banjarbaru meraih nilai 790 dan berhak meraih juara satu.

Untuk durian si Pengantin dengan nomor peserta 36 meraih nilai 780 dengan peringkat dua. Dua durian ini sukses mengalahkan puluhan durian dari berbagai daerah di Kalsel.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (KP3) Kota Banjarbaru Siti Hamdah bersyukur bahwa durian dari Kota Banjarbaru bisa meraih dua tropi pada kontes durian tingkat Kalsel.

"Hasil ini tentunya harus disambut gembira. Dengan meraih juara satu dan dua pada kontes durian itu, membuktikan durian dari Kota Banjarbaru berkualitas," katanya, Jumat, (25/1/2019).

Lebih lanjut dikatakannya bahwa durian dari Kota Banjarbaru bisa bersaing dengan durian dari daerah lain di wilayah Kalsel.

"Semoga dengan hasil itu bisa memotivasi para petani durian di tempat kita untuk tetap rajin menjaga tanaman durian agar tetap menghasilkan buah yang berkualitas," tambahnya.

Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, pada kontes durian itu menurunkan lima durian antar instansi dan satu durian untuk kontes umum.

Durian yang diikutkan kontes yakni ada si tapai idaman, si kasur idaman, si pengantin idaman, si gantang idaman, tanjung perak idaman dan Si Sumur.

Selain itu, pada festival durian di Area Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kamis, (24/1) Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan juga turut mempromosikan buah unggulan

Pada stand Kota Banjarbaru, sejumlah buah lokal asli dipamerkan kepada para pengunjung yang hadir pada kegiatan kontes durian yang dilaksanakan oleh Pemprov Kalsel.

Mulai dari durian, rambutan, kasturi, Langsat, kapuk, Ramania hingga buah langka jantik-jantik dan jenis buah lainnya. Dengan mengikuti pameran buah itu, diharapkan buah-buah asli dari Kota Banjarbaru juga semakin dikenal. (*/AOL)

Penulis: Aprianto
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved