Berita Hulu Sungai Selatan

Desa Haratai Bakal Jadi Wisata Unggulan, Pemprov Kalsel Janji Luncurkan Banyak Program untuk Loksado

Desa Haratai Bakal Jadi Wisata Unggulan, Pemprov Kalsel Janji Luncurkan Banyak Program untuk Loksado

Desa Haratai Bakal Jadi Wisata Unggulan, Pemprov Kalsel Janji Luncurkan Banyak Program untuk Loksado
Hanani
Warga Desa Natih, Kecamatan Batangalai Timur, Hulu Sungai Tengah berlatih menggunakan perahu karet bersama Federasi Arung Jeram Kalsel beberapa waktu lalu di Sungai Natih. Desa di Pegunungan Meratus ini keliling karst yang memiliki banyak fungsi menjaga keseimbangan alam dan kehidupan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan berjanji untuk mengembangkan potensi alam di Kecamatan Loksado, sebagai salah satu wisata andalan Kalsel di Hulu Sungai Selatan.

Komitmen tersebut disampaikan Kepala Dinas Kehutanan Kalsel Hanif Nurrofiq, kepada Bupati HSS H Achmad Fikry, dalam rangka kunjungan kerja ke Hulu Sungai Selatan, JUmat (25/1/2018).

Pada pertemuan tertutup untuk media tersebut, Fikry menerima kunjungan Kadishut Kalsel yang datang bersama  jajaran pejabat Dishut Kalsel,  terdiri para Kabid, Kasi serta Kasubbag TU di ruang kerjanya.

Seperti dikutif dari press rilis Dinas Kominfi HSS, pada kesempatan itu, Pemrov Kalsel melalui DIshut menyetakan,  potensi wisata di HSS dengan alam Pegunungan Meratus di Kecamatan Loksado sudah sangat mendunia.

“Jika ditangani secara parsial tentu kurang prospektif.  Perlu dikembangkan secara terpadu antara provinsi dengan kabupaten agar  menjadi kuat,” kata Kadishut. 

Baca: Curhat Raffi Ahmad Soal Kematian Setelah Hijrah, Suami Nagita Slavina : Dunia Ini Semua Sementara

Hanif pun menyatakan, 2019 ini,  sepakat, salah satu desa di Loksado, yaitu Haratai memiliki air terjun akan menjadi desa wisata unggulan Kalsel.

“Nantinya,  banyak program yang dilaksanakan di Desa Haratai. Seperti membangun Haratai, Ngarai, Sungai dan lain sebagainya menjadi destinasi dengan kearifan lokal,” imbuhnya.

Selain itu, kata Hanif, akan membangun sumber daya manusia, dengan cara mengubah sikap mental dengan menerapkan sapta pesona dari pariwisata yang akan dibangun di Loksado

Dijelaskan pula, dalam waktu dekat, Loksado bakal kedatangan rombongan kedutaan besar dari Finlandia dan Estonia (Eropa Utara).

Rombongan tamu asing tersebut  akan bermalam ke Loksadom untuk menikmati  eksotiknya  budaya masyarakat Adat Dayak Loksado, serta alamnya yang masih sejuk dan hijau, mulai Haratai, Ngarai, sungai dan tempat menarik lainnya. 

Halaman
12
Penulis: Hanani
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved