Berita Banjarmasin

Layanan Nontunai Semakin Marak di Banjarmasin, Bank Tingkatkan Transaksi EDC di Berbagai Sektor

Layanan Nontunai Semakin Marak di Banjarmasin, Bank Tingkatkan Transaksi EDC di Berbagai Sektor

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Program Less Cash Society (LCS) yang digalakkan Bank Indonesia (BI), di antaranya mesin Electronic Device Capture (EDC) menjadi alternatif pembayaran yang mudah bagi masyarakat.

Di Banjarmasin, layanan nontunai ini semakin marak digunakan di berbagai sektor perdagangan dan bisnis retail.

Kepala Layanan KCU BCA Banjarmasin, Denny Sulistiawan mengatakan, pihak Perbankan saat ini tengah berupaya meminimalisir pembayaran secara tunai.

Hal ini memanfaatkan tren suku bunga yang terus naik, salah satunya dengan meningkatkan pendapatan non bunga atau fee based income. Pendapatan ini dapat diperoleh dengan memacu transaksi dengan mesin EDC.

Baca: Hasil Indonesia Masters 2019 - Anthony Ginting Gagal ke Semifinal, Ditaklukkan Kento Momota

"Dalam beberapa tahun terakhir cukup banyak pengajuan mesin EDC dari calon merchant. Beberapa bank sudah mengeluarkan berbagai produk layanan non tunai lainnya, termasuk BCA," jelas Denny.

Semua sektor ditambahkan dia, hampir menggunakan jasa layanan mesin EDC, di antaranya fashion store, convenience store, supermarket, restaurant, dan home appliances. Turut pula sektor pariwisata berupa hotel, airlines dan travel agent.

"Serta saat ini merambah pula ke pasar tradisional dan UMKM. Untuk area Pasar Sudimampir sebagian besar menggunakan mesin EDC BCA, dan beberapa UMKM binaan BCA sudah menggunakan EDC," paparnya.

Baca: Reaksi Tak Terduga Billy Syahputra Usai KPI Tegur P3H Karena Adu Jotos dengan Pengacara Kriss Hatta

Dia menambahkan, di hampir seluruh pertokoan di Jalan A Yani Banjarmasin, telah terfasilitasi layanan nontunai EDC, sebagai alternatif pembayaran masa kini.

Khusus BCA, jumlah mesin yang tersebar untuk area Banjarmasin sekitar 2.950 mesin disertai kurang lebih 2,500 merchant.

(banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved