Public Services

Mohon Penjelasan Ubah Data Perpajakan

Kepada Yth. Kepala kantor Pajak Kandangan. Saya sebagai wajib pajak datang ke kantor pajak Kandangan mau mengubah data perpajakan sesuai KTP

Mohon Penjelasan Ubah Data Perpajakan
bbc.co.uk
Ilustrasi 

HULU SUNGAI SELATAN - Kepada Yth. Kepala kantor Pajak Kandangan. Saya sebagai wajib pajak datang ke kantor pajak Kandangan mau mengubah data perpajakan sesuai KTP elektronik, tetapi dipersulit oleh petugas pajak yang ada di Kandangan.
Bahwa kalau memperbarui biodata harus ke kantor pajak sebelumnya, padahal saya pembuatannya di Kabupaten Berau, Kaltim sedangkan sekarang alamat saya di Banjarbaru, Kalsel. Saya disarankan ke Berau untuk perubahan biodata tersebut.

Sesuai informasi petugas pajak di Berau, bahwa perubahan data dapat dilakukan di kantor pajak setempat atau mengisi formulir perubahan melalui website pajak, jadi penjelasan petugas pajak di Kandangan dengan petugas di Berau sangat berbeda, padahal satu instansi. Mohon penjelasannya, terimakasih.
0811594272

TANGGAPAN:
TERIMAKASIH atas pertanyaannya. Perlu diketahui bahwa, tata cara Perubahan Data Wajib Pajak sesuai dengan PER-20/PJ/2013 yakni,

1. Perubahan data Wajib Pajak dan/atau Pengusaha Kena Pajak dapat dilakukan dalam hal data yang terdapat dalam administrasi perpajakan berbeda dengan data Wajib Pajak dan/atau Pengusaha

Kena Pajak menurut keadaan yang sebenarnya yang tidak memerlukan pemberian NPWP baru dan/atau pengukuhan Pengusaha Kena Pajak baru. (Pasal 28 ayat (1) PER-20/PJ/2013 sebagaimana telah diatur dalam PER-38/PJ/2013).

2. Perubahan data Wajib Pajak dan/atau Pengusaha Kena Pajak dapat dilakukan atas permohonan Wajib Pajak atau secara jabatan. (Pasal 28 ayat (3) PER-20/PJ/2013 sebagaimana telah diatur dalam PER-38/PJ/2013).

3. Permohonan perubahan data Wajib Pajak dan/atau Pegusaha Kena Pajak diajukan melalui permohonan dengan menggunakan Formulir Perubahan Data Wajb Pajak (Pasal 29 ayat (1) PER-20/PJ/2013 sebagaimana telah diatur PER-38/PJ/2013):

a. Permohonan perubahan data sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan secara elektronik dengan mengisi formulir Perubahan Data Wajib Pajak pada Aplikasi e-Registration yang tersedia pada laman Direktorat Jenderal Pajak di www.pajak.go.id (Pasal 29 ayat (2) PER-20/PJ/2013 sebagaimana telah diatur dalam PER-38/PJ/2013)

b. Dalam hal Wajib Pajak tidak dapat menyampaikan permohonan perubahan data secara elektronik, permohonan perubahan data dapat dilakukan dengan menyampaikan permohonan secara tertulis.

c. Permohonan secara tertlis disampaikan ke KPP yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal atau tempat kedudukan atau tempat kegiatan usaha Wajib Pajak dengan cara: 1) Langsung ke KPP atau melalui KP2KP; 2) melalui pos; atau 3) melalui perusahaan jasa ekspedisi atau jasa. (Pasal 30 ayat (5) PER-20/PJ/2013 sebagaimana telah diatur dalam PER-38/PJ/2013) 4. Dokumen yang disyaratkan adalah dokumen yang menunjukkan bahwa data Wajib Pajak dan/atau Pengusaha Kena Pajak mengalami perubahan. (Pasal 30 ayat(4) PER-20/PJ/2013 sebagaimana telah diatur dalam PER-38/PJ/2013). Demikian penjelasan kami, terima kasih.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved