Debat Pilpres 2019

Penjelasan KPU RI Soal Adanya Segmen Tarung Bebas di Debat Pilpres 2019 Jokowi dan Prabowo

Penjelasan KPU RI Soal Adanya Segmen Tarung Bebas di Debat Pilpres 2019 Jokowi dan Prabowo

Penjelasan KPU RI Soal Adanya Segmen Tarung Bebas di Debat Pilpres 2019 Jokowi dan Prabowo
(KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Pasangan calon presiden nomor urut 1, Joko Widodo beserta pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno berjabat tangan setelah debat pilpres pertama di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019). Tema debat pilpres pertama yaitu mengangkat isu Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Ada yang baru dalam Debat Pilpres 2019 kedua antara Jokowi-Maruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memutuskan ada segmen tarung bebas.

Segmen Tarung Bebas? Ya, KPU RI bakal memberikan waktu total 10 menit secara gelondongan kepada kedua calon presiden baik Jokowi-Maruf Amin maupun Prabowo-Sandiaga Uno untuk saling menanggapi satu sama lain di Debat Pilpres 2019.

Jadi antara Jokowi dan Prabowo bisa saling berargumentasi dalam waktu 10 menit yang diberikan saat debat Pilpres 2019.

Kedua pasangan baik Jokowi maupun Prabowo bisa adu gagasan di segmen tarung bebas dan waktunya bakal diberikan sepenuhnya kepada moderator Debat Pilpres 2019 yang mengaturnya.

Baca: Saat Luna Maya Didukung Balikan Ariel NOAH, Sophia Latjuba Singgung Soal Pevita Pearce

Baca: SEDANG BERLANGSUNG! Live Streaming Jawapos TV Persela vs Persik Kendal di Piala Indonesia 2018

"Rundown debat, dirancang beberapa opsi. Salah satunya termasuk opsi tentang 1 segmen debat yang waktunya diberikan secara gelondongan. Durasi waktu total 10 menit misalkan, kita berikan utuh kepada moderator, mereka bisa saling menjawab dan menanggapi. Sepenuhnya kita tidak atur," kata Ketua KPU RI Arief Budiman di dalam rapat, di KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat (25/1/2019).

Namun hal tersebut hanya ada pada satu segmen dari sekian segmen yang direncanakan.

Dua pasangan capres-cawapres, Joko Widodo-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, menghadiri deklarasi kampanye damai di Lapangan Silang Monas,
Dua pasangan capres-cawapres, Joko Widodo-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, menghadiri deklarasi kampanye damai di Lapangan Silang Monas, (KOMPAS.com/ABBA GABRILIN)

Sebelumnya, Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Priyo Budi Santoso mengatakan pihaknya menawarkan konsep tarung bebas (Free fight) dalam debat kedua pada 17 Februari mendatang.

"Sebagai tim resmi saya sampaikan usulan tarung bebas tapi dalam khasanah koridor yang disetujui kedua belah pihak. Tanpa kemudian dibatasi waktu teng waktu teng," kata Priyo.

Baca: Postingan Aneh Gading Marten Setelah Resmi Bercerai dengan Gisella Anastasia Tulis Kata Restart

Baca: Pembunuhan Penjual Es Campur di Aceh Utara Dipicu Cinta Segitiga: Kronologi Hingga Penyesalan

Menurutnya usulan debat tarung bebas tersebut berdasarkan masukan dari masyarakat.

Karena pada debat perdana, pasang Capres-Cawapres dinilai terlalu kaku.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul KPU Tetapkan Segmen Khusus 'Tarung Bebas' dalam Debat Kedua Pilpres 2019

Editor: Rendy Nicko
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved