Public Services

Bayar Pajak Pakai KTP Sesuai STNK

Kepada pihak yang berwenang, mohon penjelasannya. Kenapa bila kita mau bayar pajak kendaraan yang 5 tahun atau sekalian ganti plat harus pakai KTP

Bayar Pajak Pakai KTP Sesuai STNK
via tribunpontianak
ilustrasi STNK tarif baru PNKB 

BANJARMASIN - Kepada pihak yang berwenang, mohon penjelasannya. Kenapa bila kita mau bayar pajak kendaraan yang 5 tahun atau sekalian ganti plat harus pakai KTP sesuai dengan nama yang tertera pada STNK? Itukan mempersulit masyarakat bayar pajak, mohon ditinjau lagi ketentuan tersebut, terima kasih.085349432211

TANGGAPAN:
ASSALAMUALAIKUM. Terima kasih atas perhatian dan pertanyaan saudara. Kami jelaskan bahwa, untuk perpanjangan STNK dan TNKB (plat) persyaratannya wajib menunjukkan KTP asli sesuai nama di STNK itu. Hal ini juga sudah sesuai aturan berdasarkan Perkap No. 5 tahun 2012 pasal 83 ayat (2).

Saran kami, jika masyarakat membeli kendaraan dari orang lain, agar segera Balik Nama. Hal itu, selain menyatakan status kendaraan tersebut sah milik sendiri, maka kedepannya dalam pengurusan pembayaran pajak tidak akan merasa dipersulit, karena sesuai peraturan yang berlaku. Demikian penjelasan kami, semoga bisa dimengerti. Wassalam.

Baca: Blak-blakan Hotman Paris Awal Kisah Asmara dengan Meriam Bellina Kepada Raffi Ahmad, Sebut Taruhan

Baca: Pengacara Kriss Hatta, Indra Tarigan Polisikan Billy Syahputra, Ini Ancaman Hukuman Kekasih Hilda

Baca: Live Streaming & Jadwal Kompas TV Final Indonesia Masters 2019, Marcus/Kevin Vs Hendra/Ahsan

Baca: Jadwal Live Streaming RCTI Persiwa Wamena vs Persib Bandung Piala Indonesia Minggu (27/1)

KOMPOL SUGENG PRIYANTO, SIK
Kasi STNK Dirlantas Polda Kalsel

Prosedur Pengesahan STNK

Masyarakat yang memiliki kendaraan baik roda dua, roda empat atau lebih wajib membayar pajak kendaraannya.

Pajak kendaraan bermotor, ada dua jenis yakni pengesahan STNK atau lebih dikenal perpanjangan pajak tahunan dan ada juga perpanjangan STNK atau lebih dikenal pajak lima tahunan.

Untuk prosedur pengesahan STNK atau pajak tahunan, wajib pajak wajib menyertakan KTP atau badan hukum atau intansi pemerintahan asli ketika akan membayar pajak.

Selain membawa STNK asli untuk disahkan. Bila bukan orang pemilik kendaraan akan membayar pajak, maka orang yang diminta untuk membayar pajak tersebut harus memiliki surat kuasa bermaterai dari si pemilik kendaraan.

"Untuk pembayaran pajak tahunan, tidak hanya dapat dilakukan di Samsat induk saja. Akan tetapi bisa dilakukan di samsat keliling, samsat cornet yang ada di mal-mal, drive true dan ATM Bank SumselBabel," ujar Kasubdit Regiden Ditlantas Polda Sumsel, Kamis (8/3/2018), dikutip dari tribunsumsel.com.

Halaman
1234
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved