Pilpres 2019

Daftar Perbedaan Format Debat Pilpres 2019 Kedua dan Perdana Versi KPU RI, Hanya Jokowi dan Prabowo

Daftar Perbedaan Format Debat Pilpres 2019 Kedua dan Perdana Versi KPU RI, Hanya Jokowi dan Prabowo

Daftar Perbedaan Format Debat Pilpres 2019 Kedua dan Perdana Versi KPU RI, Hanya Jokowi dan Prabowo
Kompas.com
Capres urut 1 Joko Widodo dan nomor urut 2 Prabowo Subianto berjalan bersama pada Deklarasi Kampanye Damai dan Berintegritas di Kawasan Monas, Jakarta, Minggu (23/9/2018). Deklarasi tersebut bertujuan untuk memerangi hoaks, ujaran kebencian dan politisasi SARA agar terciptanya suasana damai selama penyelenggaraan Pilpres 2019. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Jadwal Debat Pilpres 2019 kedua Minggu (17/2/2019). Rencananya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan membuat format berbeda dari Debat Pilpres sebelumnya.

Pada Debat Pilpres 2019 kedua, peserta debat adalah calon presiden, yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Berbeda dari debat pilpres perdana yang turut didampingi KH Maruf Amin dan Sandiaga Uno.

Tema yang diangkat dalam Debat Pilpres 2019 kedua antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto adalah energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Debat Pilpres 2019 akan diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta. Empat stasiun televisi akan menyiarkan debat, yaitu RCTI, JTV, MNC TV, dan INews TV.

Baca: Strategi KH Maruf Amin Menangkan Presiden Jokowi Ketimbang Prabowo di Kalsel Saat Pilpres 2019

Baca: Sosok Tommy Tjokro & Anisha Usai Karni Ilyas & Najwa Shihab Santer Jadi Moderator Debat Pilpres 2019

Baca: Reaksi Keras Persija Jakarta Sikapi Pernyataan Vigit Waluyo Soal Settingan Juara Liga 1 2018

Berikit Daftar perbedaan Format debat pilpres 2019 dengan debat pilpres perdana.

Tambahan Satu Segmen

Rencananya, akan dialokasikan satu segmen yang bisa digunakan peserta untuk saling bertanya dan menanggapi tanpa durasi waktu.

Dengan demikian, peserta dapat berdebat tanpa batasan waktu. Format ini akan diterapkan pada satu segmen saja.

"Satu segmen debat yang waktunya diberikan secara glondongan. Durasi waktu total 10 menit misalkan, kami berikan utuh kepada moderator, mereka bisa saling menjawab dan menanggapi. Sepenuhnya kami tidak atur," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman dalam rapat persiapan debat kedua pilpres di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (25/1/2019).

Menurut Arief, usulan format tersebut muncul dari pihak KPU. Dengan format yang demikian, diharapkan debat dapat berlangsung lebih "hidup".

Halaman
12
Editor: Rendy Nicko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved