Berita Tabalong

Dinas Catatan Sipil Tabalong Lakukan Perekaman Data di Lapas dan Rutan

Dinas Catatatan Sipil Kabupaten Tabalong terus melakukan perekaman data dan pemberian Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Dinas Catatan Sipil Tabalong Lakukan Perekaman Data di Lapas dan Rutan
Dok Dinas Capil Tabalong
Sekda bantu proses perekaman data di Lapas Kelas II Tanjung 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Dinas Catatatan Sipil Kabupaten Tabalong terus melakukan perekaman data dan pemberian Kartu Tanda Penduduk (KTP), selain memang menyukseskan program pemerintah juga dalam persiapan menjelang pemilihan umumnpada April mendatang.

Kabid Kependudukan Husaini mengatakan pihaknya melakukan jemput bola sengan mendatangi langsung masyarakat. Salah satunya ke lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan yang ada di Tabalong.

Belum lama ini pihaknya melakukan perekaman data di Lapas Kelas II Tanjung dengan merekam data sebanyak delapan orang. Dan menyerahkan 23 KTP yang telah jadi pada perekaman sebelumnya.

Kegiatan yang juga didampingi oleh Sekda Tabalong A M Sangadji ini dijaga dengan pengamanan ketat. Para penghuni lapas mengikuti serangkaian pendataan baik sidik jari, pengambilan foto dan perekaman retina mata.

Baca: Jadwal & Lokasi Pernikahan Ahok BTP dan Bripda Puput Nastiti Devi Terungkap, Sempat Bahas Cincin

Baca: Hasil Final Indonesia Masters 2019 - Carolina Marin Terhenti karena Cedera, Saina Nehwal Juara

"Kegiatan ini juga silaksanakan di rumah tahanan kelas II Tanjung, dan para peserta juga aktif dalam mengikuti kegiatan ini," ujarnya.

Perekaman data di Ruran kelas II Tanjung diikuti oleh 14 warga dan penyerahan KTP kepada 36 warga. Selain di Lapas dan Rutan, Dinas Catatan sipil juga melakukan perekaman data dengan sistem jemput bola ke masyarakat di desa.

Terlebih desa yang memang cukup jauh dari pusat kota Tanjung. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat terus meningkatkan pendataan kependudukan. Pada 2018 ada 173.907 yang tergolong wajib KTP, dan 171.879 sudah melakukan perekaman data. Sedangkan sisanya 2.028 masih belum melakukan perekaman data dan akan dilanjutkan pada 2019 ini.

"Untuk ketersediaan blangko KTP masih aman, dan kami terus koorsinasi dengan pemerintah pusat untuk mencukupi letersediaannya," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id/ reni kurnia wati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved