Berita Kabupaten Banjar

Banjar Bikin Jalan Pintas ke Bandara Syamsudin Noor, Waktu Tempuh Cuma Segini

Tak lama lagi warga di daerah religius ini bakal memiliki akses jalan pintas yang nyaman ke Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru.

Banjar Bikin Jalan Pintas ke Bandara Syamsudin Noor, Waktu Tempuh Cuma Segini
banjarmasinpost.co.id/idda royani
SOLHAN, kabid Binamarga Dinas PUPR Banjar 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kabar melegakan berembus dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar untuk warga Bumi Barakat.

Tak lama lagi warga di daerah religius ini bakal memiliki akses jalan pintas yang nyaman ke Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru.

"Lewat jalan pintas itu, nanti jika ke bandara cuma perlu waktu sekitar 15 menit. Kalau lewat jalan poros (A Yani) saat ini paling tidak kan setengah jam, bahkan kalau jalanan di Kota Banjarbaru macet, malah bisa sampai satu jam lamanya," ucap Kepala Bina Marga Dinas PUPR Banjar, Solhan, Selasa (29/01/2019).

Pejabat eselon III ini menuturkan jalan pintas tersebut akan dimulai tahun ini pengerjaannya. Dimulai dari perintisan badan jalannya dan akan langsung dilanjutkan dengan pengerasan menggunakan bebatuan pecahan ukuran kecil (crusher).

Dimana lokasinya? "Di Cindaialus tembus ke kawasan Jalan Lingkar Utara (Jalan Gubernur Syarkawi). Panjang bentan badan jalannya sekitar dua kilometer, anggarannya sekitar Rp 6 miliar," sebut Solhan.

Baca: Raffi Ahmad Bandingkan Nagita Slavina dan Ayu Ting Ting Seperti Mobil, Mini Cooper vs Alphard

Baca: Kebencian Ibu Irish Bella pada Ammar Zoni Terungkap, Sampai Tak Mau Jumpa Mantan Ranty Maria Itu

Baca: Geramnya Ashanty Pada Azriel Hingga Ingin Keluar Dari Rumah yang Ditempati Anang Hermansyah

Jalan pintas tersebut terhubung dengan Jalan Lingkar Utara di sekitar SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum). Selanjutnya, tinggal menapaki jalan poros Jalan Gubernus Syarkawi ke arah tugu (bundaran) di Kilometer 17 Jalan A Yani, Gambut. Berikutnya tinggal menapaki jalan poros nasional tersebut arah bandara.

"Jadi, akan sangat terasa mudahnya karenanya rutenya sangat pendek dan terhindar risiko macet. Kalau lewat jalan yang ada sekarang, dari Martapura ke bundaran (simpang empat) Banjarbaru saja jaraknya sudah empat kilometer. Dari bundaran ke bandara sekitar 15 kilometer," kata Solhan.

Lebar badan jalan pintas tersebut disiapkan sekitar 20 meter, namun yang akan digunakan untuk jalur jalan sekitar 15 meter. Jika pengerjaannya kelak terlaksana lancar dengan pemadatan yang cepat, maka tahun depan (2020) berkemungkinan bisa langsung dilanjutkan dengan pengaspalan.

"Semoga semuanya berjalan secara lancar. Termasuk pembebasan lahannya. Saat ini cuma sekitar dua warga yang masih dalam tahap penuntasan pembebasan lahannya dan insha Allah segera clear," tandasnya.

Dikatakannya, pembangunan jalan pintas menuju bandara tersebut tahun ini (2019) masuk dalam program prioritas. Karenanya, penanganannyabenar-benar akan difokusi agar telaksana secara cepat dan lancar sesuai perencanaan.

"Saat ini prosesnya masih pada tahap perencanaan teknis. Lelangnya diharapkan sudah berjalan pertengahan Februari. Kami targetkan pengerjaannya nanti tuntas sebelum pertengahan tahun," tegas Solhan.

Baca: Live beIN Sports 2! Cara Nonton Live Streaming Arsenal vs Cardiff City Liga Inggris Pekan 24

Baca: Jadwal & Harga Tiket Arema FC vs Timnas U-22 Indonesia, Laga Ujicoba Jelang Piala AFF U-22 2019

Baca: Beda Reaksi Maia Estianty dan Mulan Jameela Usai Viralnya Foto Ahmad Dhani Lesehan di LP Cipinang

Lebih lanjut ia mengatakan pembangunan jalan tembus ke bandara tersebut sekaligus wujud nyata Pemkab Banjar untuk mendukung program kota baru Aerocity Syamsudin Noor yang didesain oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional. Ini adalah bagian dari 10 kota baru Aerocity yang digeber pemerintah pusat di sejumlah daerah terpilih di negeri ini.

Rencana pembangunan jalan tembus atau jalan pintas ke bandara tersebut membuat girang Suriansyah. Warga Martapura ini mengaku sangat senang jika jalan tersebut segera terealisasi. "Wah, itu keren banget karena sangat memudahkan warga Banjar menuju bandara. Terutama bagi yang kerap bepergian ke luar daerah, seperti saya," ucapnya.

Ia mengatakan tiap pekan dirinya selalu bepergian ke Jawa. Pasalnya sebagai pedagang garmen dirinya kerap mengambil barang ke beberapa kora di Pulau Jawa seperti di Surabaya dan Bandung. "Keberadaan jalan tembus itu pun pasti jelak juga memunculkan dampak ekonomi bagi warga kecil karena pasti bermunculan usaha baru di sepanjang jalan tembus itu," sebutnya.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved