Berita Tanahlaut

Rumah Diterjang Puting Beliung, Rahmat Tak Dapat Bantuan Bencana Ini Penjelasan BPBD Tanahlaut

Memang ujarnya rumahnya yang terkena terjangan puting beliung tak seberapa parah sehingga ia tak berharap bantuan dari pemerintah.

Rumah Diterjang Puting Beliung, Rahmat Tak Dapat Bantuan Bencana Ini Penjelasan BPBD Tanahlaut
banjarmasinpost.co.id/milna sari
Bantuan logistik untuk korban puting beliung di Tabanio dari BPBD Tanahlaut 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Rahmat harus gigit jari, warga RT 15 Tabanio Kecamatan Takisung Kabupaten Tanahlaut ini tak mendapatkan bantuan dari Pemkab Tanahlaut yang diberikan oleh BPBD Kabupaten Tanahlaut.

Memang ujarnya rumahnya yang terkena terjangan puting beliung tak seberapa parah sehingga ia tak berharap bantuan dari pemerintah.

"Cuma tiang antena saya patah sama atap ada mau lepas," ujarnya saat ditemui dalam penyerahan bantuan untuk korban puting beliung di Desa Tabanio, Selasa (29/01/2019).

Diketahui selain Desa Panjaratan, ada dua desa lain yang juga mengalami kerugian akibat angin puting beliung yaitu Desa Tabanio Kecamatan Takisung, dan Desa Raden Kecamatan Kurau dan Sungai Bakau.

Baca: Cuaca Ekstrem Ternyata Jadi Faktor Turunnya Jumlah Penerbangan di Bandara Syamsudin Noor

Baca: Korban Kecelakaan Maut di Sultan Adam Ternyata Mahasiswa Uniska, Karyawan Grapari Telkomsel

Berdasarkan data Pusdalops PB BPBD Tanahlaut korban terdampak di Desa Panjaratan ada 14 buah rumah, satu garasi mobil, 20 KK, 61 Jiwa. Sementara di Desa Tabanio ada korban terdampak angin puting beliung 64 rumah, 64 KK, 183 Jiwa. Sedangkan di Desa Raden ada lima rumah dengan tujuh kepala keluarga dan 20 jiwa. Sementara di Sungai Bakau ada 11 rumah.

Saat ini terang PLT Kalak BPBD Kabupaten Tanahlaut, Suriansyah kepada Banjarmasinpost.co.id sudah ada 54 paket bantuan yang diserahkan BPBD Tanahlaut kepada warga terdampak di Tabanio, dan Panjaratan. Sementara di Desa Raden belum ada usulan permintaan bantuan oleh kepala desa.

Memang Uajr Suriansyah tak semua warga terdampak diberikan bantuan dari BPBD karena bantuan diukur dari kelayakan menerima dari segi ekonomi.

"Yang mampu tidak kita beri bantuan atau cuma atapnya terbuka tidak kita beri bantuan, kecuali ada atap yang lepas atau lepasnya beberapa lembar seng," sebutnya.

Selain dari segi kerusakan, pemberian bantuan sebutnya juga disesuaikan dengan bantuan dari BPBD provinsi sehingga tak semua bisa mendapatkan bantuan.

Baca: H Isam Berangkat Umrah Februari Ini, Selasa Pagi Bersama Keluarga Jalani Proses Biometrik

Baca: Putri Ahok Alias BTP Tuliskan Sindiran Jelang Pernikahan Ayahnya dengan Bripda Puput Nastiti Devi?

"Bantuan ini nantinya dilanjutkan lagi oleh Dinas Sosial jadi mungkin ada yang tidak tercover bantuan dari BPBD bisa melalui Dinas Sosial," sebutnya.

Bantuan yang diberikan BPBD sendiri terangnya berupa bantuan sandang, matras, tikar hingga perlengkapan makan. Terlebih akibat bencana puting beliung banyak peralatan rumah tangga warga yang juga menjadi rusak.

Saat ini bantuan dari BPBD Tanahlaut hanya berupa bantuan logistik. Sebut Suriansyah bantuan berupa perbaikan rumah yang rusak akan dilakukan oleh Dinas Sosial.
(Banjarmasinpost.co.id/Milna)

Penulis: Milna Sari
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved