Berita Banjarmasin

Bimtek Agen Pelayaran Tentang Sosialisasi Aplikasi Online

Bimbingan teknis (Bintek) tentang sosialisasi aplikasi online atau digitalisasi di Room Hotel Victoria Banjarmasin, Jalan Lambung Mangkurat Ujung Kota

Bimtek Agen Pelayaran Tentang Sosialisasi Aplikasi Online
banjarmasin post group/ jumadi
Bimbingan teknik (Bintek) tentang sosialisasi aplikasi online atau digitalisasi di Room Hotel Victoria Banjarmasin, Jalan Lambung Mangkurat Ujung Kota Banjarmasin, Kamis (31/1/2019) siang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sekitar 16 agen pelayaran, selaku pengguna jasa pelabuhan yang ada di Banjarmasin, mengikuti bimbingan teknik (Bintek) tentang sosialisasi aplikasi online atau digitalisasi.

Acara tersebut dilaksanakan di Room Hotel Victoria Banjarmasin, Jalan Lambung Mangkurat Ujung Kota Banjarmasin, Kamis (31/1/2019) siang.

Sosialisasi yang memakan waktu hingga siang, dibuka langsung oleh Kepala KSOP Kelas I Banjarmasin, Bambang Gunawan.

Usai acara pembukaan, kepada wartawan Kepala KSOP Kelas I Banjarmasin, Bambang Gunawan mengatakan, selama ini sistem administrasi yang dilakukan oleh para agen kapal dengan menggunakan cara manual.

Untuk itu dengan adanya sosialisasi aplikaai online seperti ini, maka nantinya semua proses tersebut dilakukan dengan cara online atau digitalisasi.

Baca: SEDANG BERLANGSUNG! Live Streaming iNews TV PSS Sleman vs Barito Putera Piala Indonesia, Jawapos TV

Baca: Susunan Pemain PSS Sleman vs Barito Putera Babak 32 Besar Piala Indonesia Kamis (31/1)

Baca: Respons Gubernur Kalteng Sikapi Bupati Kotim yang Ditetapkan Tersangka oleh KPK Karena IUP

Baca: Perubahan Sikap Mulan Jameela Diungkap Dul Jaelani, Ini Kondisinya Saat Ahmad Dhani Ditahan

Pihak KSOP sendiri memberikan waktu dua minggu, sehingga pada dua minggu ke depan, semua urusan administrasi, maka agen pelayaran sudah menggunakan aplikasi online."Dengan adanya sosialisasi seperti ini, kami memberikan waktu selama dua minggu,"pinta Bambang Gunawan.

Ditambahkannya, dengan menggunakan sistem aplikasi online digitalisasi ini, maka setidaknya menghindari adanya kebocoran.

Sebab, dalam setiap bulan, kapal-kapal besar yang melakukan aktifitas bongkar muat di Perairan Taboneo (pelabuhan apung) berkisar antara 80 sampai 100 unit kapal. Sehingga dengan adanya sistem seperti ini, tentunya akan diketahui jumlah kapal.

Ditambahkan Kepala Pos Taboneo, KSOP Kelas I Banjarmasin Riswanto, tujuan dilaksanakannya sosialisasi aplikasi online kepada semua agen kapal di Banjarmasin, antara lain untuk memangkas pelaporan kedatangan.

Serta keberangkatan kapal, dan harus terkoordinasi dengan instansi terkait, seperti dari Bea Cukai, Karantina dan yang lainnya.

(banjarmasinpost.co.id/ jumadi)

Penulis: Jumadi
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved