Berita Banjarmasin

BTN dan Bank Kalsel Tingkatkan Penyaluran Kredit Melalui Program Unggulan

BTN dan Bank Kalsel Tingkatkan Penyaluran Kredit Melalui Program Unggulan

BTN dan Bank Kalsel Tingkatkan Penyaluran Kredit Melalui Program Unggulan
TRIBUNNEWS.COM
Ilustrasi- Rumah subsidi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Penyaluran kredit di Kalimantan Selatan (Kalsel) secara umum mengalami pertumbuhan yang positif pada 2018 lalu. Berdasarkan data OJK, pertumbuhan kredit atau pembiayaan bank umum dan bank umum syariah secara year on year (yoy) tertinggi berada di 

Kalsel yakni 4,37 persen dengan rasio NPL net 0,25 persen.

Seperti halnya, satu di antara Bank BUMN di Kalsel, BTN terus mencatatkan kemajuan dalam penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) bersubsidi selama 2018 lalu.

Branch Manager BTN Banjarmasin, Amin Sholeh menuturkan, pihaknya telah menargetkan akad dan pembangunan 4.200 unit rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dapat terealisasi selama 2019 nanti.

"Sebanyak 4.200 unit dikalikan 120.000 per unit ya sekitar Rp 504 miliar kami gelontorkan untuk perumahan FLPP di tahun 2019 ini," jelas dia kepada Banjarmasinpost co.id.

Baca: Pria Idaman Luna Maya Ada 28 Kriteria, Termasuk Ariel NOAH & Reino Barack yang Digosipkan Syahrini?

Baca: Respons Pemprov Kalsel Sikapi Wacana Kemenkeu Bahwa Gaji dan Biaya Prose PPPK Dibebankan Daerah

Sudah berpengalaman di bidang penyaluran kredit rumah, BTN terus fokus membantu di sektor yang berkaitan dengan perumahan, di antaranya suplier kontraktor rumah, developer pembangun rumah, spare part bangunan dan lain-lain.

Kendati demikian, pihaknya juga tetap memiliki program kredit usaha untuk Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kalsel.

Sebagaimana halnya tahun lalu, KPR BTN mampu hampir menenuhi target penyaluran 100 persen, lantaran dilakukan program akad masal kepada nasabah debitur.

"Rencananya kami akan mengadakan akad masal lagi, entah setiap bulan atau dalam event tertentu. Karena ini kan masih Januari jadi masih belum ada kepastian kapan dilaksanakan," imbuhnya.

Sementara itu, Bank Kalsel memberikan tetap fokus pada pengembangan UMKM di Kalsel. Memiliki jaringan kantor yang luas difokuskan pelayanan bagi UMKM dapat dilakukan selain di kantor cabang juga di BPD unit yang terletak berdekatan dengan sentra-sentra perdagangan di hampir setiap daerah.

Analis Supervisi dan Pembinaan Unit Kelompok Bisnis Mikro Bank Kalsel, Dian Yully Purbasari memaparkan, total sudah ada 27 BPD unit yang tersebar di setiap kabupaten/kota. Selain itu produk-produk kredit yang beragam disesuaikan dengan keperluan UMKM sesuai dengan karakteristik dari usaha mikro.

Halaman
12
Penulis: Mariana
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved