Berita HSS

Cara BNNK HSS Atasi Kawasan Daha Sel yang DIsebut Darurat Narkoba, Banyak yang Direhabilitasi

Cara BNNK HSS Atasi Kawasan Daha Sel yang DIsebut Darurat Narkoba, Banyak yang Direhabilitasi

Cara BNNK HSS Atasi Kawasan Daha Sel yang DIsebut Darurat Narkoba, Banyak yang Direhabilitasi
Banjarmasinpost/hanani
Peserta Bimbingan teknis Penggiat Anti Narkoba di Lingkungan Masyarakat dan penyampaian materi tausyiah Ustadz M Saleh bagi peserta, Kamis (31/1/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Hulu Sungai Selatan mengakui tingkat peredaran narkoba di Kecamatan Daha Selatan, cukup tinggi, sehingga perlu dilakukan pemberdayaan alternatif.

Misalnya dengan pembekalan keterampilan dan alih profesi dari pelakunya. Untuk itu, BNK pun telah perintis membangun posko darurat narkoba di kecamatan tersebut.

“Kami juga melayani korban pengguna narkoba yang ingin rehabilitasi bekerjasama dengan rumah sakit Daha Sejahtera. Tenaga SDM-nya sudah dilatih untuk itu. Sudah banyak yang direhabilitasi di sana,” kata Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan, BNNK HSS,  M Faisal Sidiq kepada banjarmasinpost.co.id, di sela Bimbingan Teknis Penggiat Anti Narkoba di Lingkungan Masyarakat di salah satu Hotel  Jalan R Suprapto, Kamis (31/1/2018).

Menurut Faisal, untuk rehabilitasi tersebut, selain pengobatan secara medis harus ada dorongan yang kuat dari pihak keluarga, memotivasi keluarganya untuk bebas dari narkoba.

Baca: Respons Kubu Jokowi-Maruf Amin Saat Jan Ethes Disebut Alat Politik Presiden Jokowi di Pilpres 2019

Demikian pula korbannya, harus benar-benar berhijrah total, dengan cara meninggalkan lingkungan lama, serta pendekatan rohani dan spiritual yaitu lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan rajin menyimak tausyiah dari ustad/ulama sebagai siraman rohani.

“Sebegitu sulitnya terbebas dari belenggu narkoba, kami imbau jangan sampai ada anggota keluarga yang bersentuhan dengan narkoba. Sebab, tak hanya merugikan diri sendiri, tapi juga merugikan keluarga, masyarakat bahkan negara. Penyalahgunaan narkoba adalah kejahatan terhadap negara,” katanya.

Sementara itu, dalam rangka pemberantasan narkoba, BNNK bakal membentuk Desa Bersinar (bersih narkoba) dimana Desa Durian Rabung, Kecamatan Padang Batung sebagai percontohan program tersebut, Mengapa Durian Batung? Faisal menyebut, masyarakat setempat sangat mudah diajak kerja sama untuk program tersebut.

Sebagai persiapan, ada 12 relawan yang dilatih sebagai penggiat antinarkoba. Tiga di antaranya Babinsa, Bhabinkabtimas serta Kades Durian Rabung, sebagai agen perubahan.

Masyarakat setempat, diberi wawasan, mulai ibu-ibu dan remaja, dengan total 50 orang. Setelah siap, baru kampung tersebut dicanangkan sebagai Desa Bersinar selanjutnya dijadikan proyek percontohan.

Baca: Said Aqil Siradj Ajak Seluruh Pengurus PBNU Doakan Presiden Joko Widodo Menangi Pilpres 2019

Relawan yang dibekali bimbingan teknis jelas Faisal balak diajak ke ajang pencanangan Desa Bersinal, di Desa Tunggul Irang Kabupaten Banjar, 14 Februari mendatang, yang dihadiri Kepala BNN Pusat, Komjen Heru Winarko.

Kegiatan pencanangan tersebut diikuti seluruh kabupaten/kota se-Kalsel. Faisal menegaskan, dalam menetapkan desa Bersinar ini, pihaknya tak main-main, dan desa yang bersangkutan harus mampu membersihkan kampungnya dari  narkoba.

Sementara, bimbingan teknis terkait Penggiat Anti Narkoba di Lingkungan Masyarakat hari ini dihadiri perwakilan relawan, dengan kegiatan mendengarkan tausyiah dari ustadz Muhammad Saleh, yang menyampaikan dalil terkait larangan menggunakan khamar, yang secara syariah disamakan dengan narkoba.

Juga mendengarkan paparan dari dokter Sudyati Suradj dari RS H Hasan BAsry Kandangan terkait dampak mengonsumsi narkoba bagi kesehatan.

Materi juga disampaikan Faisal sendiri, terkait jenis-jenis narkoba yang dilarag, serta pemaparan Kepala BNNK HSS tentang kebijakan umum Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba.

(banjarmasinpost.co.id/hanani)

Tags
narkoba
Penulis: Hanani
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved