Bumi Antaluddin

Dukung Pertanian di Desa Gumbil, Pemkab HSS Anggarkan Rp 15 Miliar Bangun Embung

Pemkab HSS pun memberikan porsi anggaran cukup besar, pada ABPD HSS 2019, untuk mendukung sarana dan prasarana pertanian di desa tersebut.

Dukung Pertanian di Desa Gumbil, Pemkab HSS Anggarkan Rp 15 Miliar Bangun Embung
HO/Dinas Kominfo HSS
Bupati Hulu Sungai Selatan H Achmad Fikry dan jajaran pemerintahan HSS saat mengunjungi Desa Gumbil, Kecamatan Telaga Langsat. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Desa Gumbil,  salah satu desa di Kecamatan Telaga Langsat, Hulu Sungai Selatan yang punya potensi besar di sektor pertanian.

Untuk itu Pemkab HSS pun memberikan porsi anggaran cukup besar, pada ABPD HSS 2019, untuk mendukung sarana dan prasarana pertanian di desa tersebut.

Bupati HSS H Achmad Fikry,  saat memberikan sambutan, usai pelantikan Kepala desa setempat, Kamis (31/1/2019) pun menyampaikan kepada masyarakat Gumbil, bahwa tahun 2019 ini dianggarkan Rp 15 miliar, untuk membangun embung dan saluran pembaginya.

Bupati Hulu Sungai Selatan H Achmad Fikry disambut warga dan pelajar saat mengunjungi Desa Gumbil
Bupati Hulu Sungai Selatan H Achmad Fikry disambut warga dan pelajar saat mengunjungi Desa Gumbil (HO/Dinas Kominfo HSS)

Pembangunan embung dalam rangka untuk mengatur dan menampung suplay air saat hujan, sebagai persediaan saat musim kering, dalam rangka mendukung pertanian tersebut.

Fikry mengatakan, anggaran cukup besar tersebut, sebgai bukti Pemkab sangat memerhatikan sektor Pertanian, karena HSS didominsi wilayah pertanian, yang menjadi sumber perekonomian masyarakat.

“Untuk itu, kepada Kepala Desa terpilih dan masyarakat Desa Gumbil, agar menghilangkan perbedaan  pasca Pilkades. Satukan tujuan, dengan membangun kebersamaan demi kesejahteraan masyarakat desa,” kata Fikry.

Bupati Hulu Sungai Selatan H Achmad Fikry dan jajaran pemerintahan HSS saat mengunjungi Desa Gumbil, Kecamatan Telaga Langsat.5
Bupati Hulu Sungai Selatan H Achmad Fikry dan jajaran pemerintahan HSS saat mengunjungi Desa Gumbil, Kecamatan Telaga Langsat.5 (HO/Dinas Kominfo HSS)

Kepala Desa terpilih Muhammad Rijali, dilantik Bupati HSS sebagai Kepala Desa Gumbil Periode 2019 – 2022. Pada kesempatan itu, juga dilantik Rusmi Indah Hayati M Rizali sebagai Ketua TP PKK Desa Gumbil , oleh Ketua TP PKK Kecamatan Telaga Langsat.

Bupati pada kesempatan itu juga mengimbau, agar selama musim hujan, masyarakat mewaspadai penyakit Demam Berdarah, mengingat  penderitanya di Kabupaten HSS sudah cukup tinggi. Dijelaskan, fogging bukan cara efektif memberantas nyamuk penyebab demam berdarah. Untuk itu, Jumat 1 Februari, dilaksanakan gerakan bersih-bersih secara serentak.

Bupati Hulu Sungai Selatan H Achmad Fikry saat mengunjungi Desa Gumbil, Kecamatan Telaga Langsat.2
Bupati Hulu Sungai Selatan H Achmad Fikry saat mengunjungi Desa Gumbil, Kecamatan Telaga Langsat.2 (HO/Dinas Kominfo HSS)

“Sasaran pertama di lingkungan sekolah mengingat anak usia sekolah yang banyak terkena DBD,”katanya. Turut hadir Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten HSS, Ketua TP PKK Kabupaten HSS, Kepala SKPD Kabupaten HSS, Ketua MUI Kecamatan Telaga Langsat, Camat Telaga Langsat beserta Forkopim Kecamatan Telaga Langsat. (*/AOL)

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved