Berita Kalteng

Penjelasan Resmi BMKG Muarateweh Terkait Gempa Bumi 3,5 SR Kamis (31/1/2019), ASN DPRD Barut Panik

Penjelasan Resmi BMKG Muarateweh Terkait Gempa Bumi 3,5 SR Kamis (31/1/2019), ASN DPRD BarutPanik

Penjelasan Resmi BMKG Muarateweh Terkait Gempa Bumi 3,5 SR Kamis (31/1/2019), ASN DPRD Barut Panik
Dok Polda Kalteng untuk BPost Group
Petugas BMKG Muarateweh Kabupaten Barut saat memantau gerakan gempa, Kamis (31/1/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MUARATEWEH - Penjelasan Resmi BMKG Muarateweh Terkait Gempa Bumi 3,5 SR Kamis (31/1/2019), ASN DPRD Barut Berhamburan panik

Meski sebagian warga Muarateweh, Kabupaten Barito Utara, tidak merasakan adanya gempa, karena terjadinya hanya beberapa detik. Tidak demikian bagi warga yang berada di atas gedung saat terjadi gempa.

Salah satunya yang diungkapkan, Doni salah satu ASN di DPRD Barut yang saat kejadian berada di lantai dua gedung kantornya.

Dia, merasakan adanya guncangan tersebut, karena saat itu posisinya berada di lantai dua gedung DPRD Kabupaten Barut di Jalan Ahmad Yani Muarateweh.

Baca: Pria Idaman Luna Maya Ada 28 Kriteria, Termasuk Ariel NOAH & Reino Barack yang Digosipkan Syahrini?

Baca: Respons Pemprov Kalsel Sikapi Wacana Kemenkeu Bahwa Gaji dan Biaya Proses PPPK Dibebankan Daerah

Setelah merasakan adanya goncangan tersebut, sejumlah ASN kemudian memilih keluar bangunan, karena takut bangunan berkonstruksi beton tersebut runtuh.

"Kejadiannya singkat saja hanya beberapa detik saja, tapi pas diatas terasa getarannya," ujarnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Kalteng, Kombes Pol Hendra Rochmawan mengatakan, hingga saat ini belum ada laporan korban atas kejadian tersebut, dia juga mengakui, tidak semua masyarakat yang merasakan gempa tersebut, namun bagi yang saat kejadian ada di atas gedung bisa merasakanya.

Sesuai laporannya kepada Kapolda Kalteng, Irjen Pol Anang Revandoko, menyebut, kejadian gempa, Kamis ( 31/1/2019) pukul 09.38 wib di beberapa titik di Muarateweh, Barito Utara terjadi goncangan ringan yang ternyata gempa.

Gempa guncang Kota Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, Kamis (31/1/2019) pagi.
Gempa guncang Kota Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, Kamis (31/1/2019) pagi. (envanto)

Goncangan yang terjadi hanya beberapa detik saja, masyarakat yang merasakannya hanya sebagian saja.

Keterangan Kepala BMKG Muarateweh Sudarmono, menyebut gempa bumi tektonik berkekuatan 3.5 SR yang terjadi di wilayah Kota Muarateweh, pada jam 09.38 Wib.

"Episenter terletak pada koordinat 0.83 LS dan 114.88 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 12 Km arah Utara Muara Teweh Kabupaten Barut – Kalimantan Tengah pada kedalaman 10 Km," ujarnya.

Baca: Hasil Akhir 757 Kepri Jaya vs Persija Jakarta Piala Indonesia 2018 - Skor 1-1, Persija ke 16 besar

Keterangan dari BMKG setempat menyebut gempa bumi yang dirasakan oleh beberapa masyarakat Muarateweh sangat cepat dan pihak BMKG sudah mengeluarkan berita secara resmi.

Gempa bumi di wilayah Muara Teweh tersebut, kemungkinkan kecil berdampak terhadap adanya kerusakan bangunan milik masyarakat dikarenakan kekuatan gempanya hanya 3.5 SR.

Sedangkan, pusat gempa di Desa Nihan Kecamatan Lahei Barat dan hasil koordinasi dengan Kades dan perangkat desa Nihan Kecamatan. Lahei Barat tidak ada getaran gempa yang dirasakan masyarakat desa setempat.

(banjarmasinpost.co.id/ faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved