Berita Banjarmasin

Usaha Laundry Sepatu Menjamur, Kini Tidak Perlu Repot Mencuci Sepatu

Usaha Laundry Sepatu Menjamur, Kini Tidak Perlu Repot Mencuci Sepatu. Saat ini tidak hanya tempat pencucian atau laundry untuk baju saja

Usaha Laundry Sepatu Menjamur, Kini Tidak Perlu Repot Mencuci Sepatu
banjarmasin post group/ mariana
Proses pencucian sepatu di laundry Docter Shoes Indonesia cabang Banjarmasin, Kamis (31/1/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Saat ini tidak hanya tempat pencucian atau laundry untuk baju saja, melainkan ada pula laundry sepatu. Bisnis ini mulai diperkenalkan dan berkembang sejak tiga tahun lalu di Banjarmasin.

Keberadaan usaha ini pun sudah mulai menjamur di Banjarmasin. Terdapat sejumlah laundry sepatu yang mayoritas dijalankan oleh generasi milenial.

Docter Shoes Indonesia cabang Banjarmasin merupakan laundry sepatu yang baru beroperasi. Sang owner, Marzuki Dewantara dibantu dua temannya, Ajav dan Keyshan menargetkan pangsa pasar usaha ini dapat mencakup kalangan mahasiswa, pekerja, karyawan, eksekutif muda serta muda-mudi yang sekarang memerlukan perawatan terhadap pakaian khususnya sepatu

Hampir semua jenis sepatu dapat dibersihkan di antaranya sepatu ket, sneaker, wedges, stiletto, pump, high heel dan lain-lain.

"Secara umum jenis pencucian ada tiga yaitu wet clean, dry clean, wet and dry, serta repainting," ujar pria kelahiran 2 Mei 1995 ini kepada Banjarmasinpost.co.id.

Baca: Hasil PSS Sleman vs Barito Putera di Leg 2 Babak 32 Besar Piala Indonesia 2018, Skor Sementara 1-1

Dipaparkan Marzuki, ada tiga tahapan proses pencucian yakni chemicalas identification, proses pengenalan bahan sepatu agar mendapatkan zat kimia yang cocok untuk dipakai dalam proses pencucian sehingga dapat dipastikan bahan kimia tidak merusak bahan sepatu.

Kemudian tools identification, proses penentuan alat dan media yang digunakan untuk melakukan pencucian seperti kuas dan sikat apa yang digunakan, ataukah menggunakan alat khusus seperti spon suede, polisher dan lain lain. Pada tahap ini juga ditentukan bagaimana perlakan terhadap jenis sepatu yang berbeda beda treatmentnya.

Serta main process, proses pencucian yang dilakukan setelah dua tahap di atas dilalui, seperti wet clean, dry clean, painting dan unyellowing.

"Harga layanan kami bervariasi dari Rp 40.000-120.000 tergantung keperluan. Khusus bagi pelajar dan mahasiswa ada harga spesial. Untuk Februari ini kami juga ada diskon 50 persen untuk semua treatment," jelasnya.

Hasil dari usaha yang bertempat di Jalan Cemara tersebut, diakui Marzuki, pihaknya mendapatkan omzet sebesar Rp 12 jutaan per bulan.

Halaman
12
Penulis: Mariana
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved