Berita Banjarmasin

Gipsum Desain Minimalis Masih Jadi Favorit, Segini Kisaran Harga Gipsum di Banjarmasin

Gipsum Desain Minimalis Masih Jadi Favorit, Segini Kisaran Harga Gipsum

Gipsum Desain Minimalis Masih Jadi Favorit, Segini Kisaran Harga Gipsum di Banjarmasin
banjarmasin post group/ mariana
Pengrajin gipsum sedang melakukan proses cetak gipsum menggunakan bahan tepung casting. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Gipsum dapat digunakan untuk mempercantik ruangan, umumnya menjadi pembatas antara atap dan sudut suatu bangunan dengan ruangan di bawahnya.

Kegunaan lainnya juga sering dimanfaatkan sebagai dinding partisi ataupun lapisan pada dinding utama. Selain itu, gipsum dimanfaatkan untuk melapis rangka baja, ataupun rangka kayu dari suatu bangunan.

Umumnya ketika berada di gedung-gedung misalnya mall, untuk memberikat sekat antar toko di dalam mall, pemborong akan menggunakan gipsum untuk menjadi pembatas, daripada menggunakan tembok batu bata yang memiliki harga lebih tinggi.

Di Banjarmasin terdapat banyak toko gipsum, di antaranya Zaka Gypsum. Toko ini telah beroperasi tujuh tahun lalu. Pengrajin gipsum, Miftahul Royan mengatakan satu lis gipsum dibanderol seharga Rp 13.000-45.000 tergantung desainnya.

Baca: Daftar Syarat yang Harus Dipenuhi Jika Rumah Sarniah Ingin Masuk Dalam Program Bedah Rumah

Baca: Polsek Sungai Loban Gelar Salat Gaib untuk Mantan Kapolri Ke-8

"Biasanya paling laris yang bentuknya minimalis, konsumen dapat memilih bentuk desain motif sesuai daftar yang kami punya," ujarnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Selain memiliki lapak usaha secara offline, pihaknya juga memasarkan bisnis gipsum melalui online yakni media sosial facebook dan instagram.

Menurutnya, penjualan meningkat setelah dipasarkan melalui medai sosial, selain itu Zaka Gypsum juga sudah ada di Google yang mana memudahkan konsumen mencari alamatnya.

"Omzet yang didapat yakni sebesar Rp 50 juta per bulan kalau lagi ramai, tapi untuk saat ini relatif stabil saja tidak begitu ramai, sebab sudah banyak pengrajin gipsum lainnya dengan berbagai kreasi," ucap dia.

Bahan baku gipsum terdiri dari tepung casting, kemudian campuran resin, katalis, talk, dan juga perlu menambahkan fiber, bahan-bahannya sangat banyak tersedia di toko-toko material bangunan di Banjarmasin.

Sementara itu, ada pula Rifaldy Gypsum. Pengrajin di lapak usaha ini, Nurhasan mengaku, proses pembuatan memakan waktu 10-15 menit per satu gipsum.

Baca: Jawaban Aneh Reino Barack Saat Ditanya Soal Syahrini, Mantan Luna Maya Bersikap Seperti Ini

"Setelah dicetak, gipsumnya digantung. Apabila musim panas maksimal proses pengeringan hingga tiga hari, namun jika hujan maka bisa sampai satu minggu," tandas dia.

Diakuinya, penjualan gipsum relatif menurun dari tahun lalu. Faktor penyebabnya yakni sudah semakin banyak kreasi selain gipsum yang banyak digunakan orang. Walaupun harganya lebih mahal namun lebih praktis dan efisien.

"Kami membuat sesuai pesanan, biasanya pemborong yang berlangganan di tempat kami. Tapi kami juga mencetak terus untuk stok, jika ada yang pesan tinggal menambah jumlah gipsum saja," tukasnya.

Harga gipsum di tempatnya dipatok seharga Rp 15.000 untuk desain polos minimalis hingga Rp 50.000 untuk gipsum bermotif ukuran besar.

(banjarmasinpost.co.id/mariana)

Tags
minimalis
Penulis: Mariana
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved