Ekonomi dan Bisnis

Harga Emas Antam Naik Hingga Rp 12 Ribu, Pembelian Capai 75 Persen Selama Januari 2019

Investasi emas di Kalimantan Selatan (Kalsel) mengalami tren peningkatan di awal 2019.

Harga Emas Antam Naik Hingga Rp 12 Ribu, Pembelian Capai 75 Persen Selama Januari 2019
banjarmasinpost.co.id/mariana
Customer Service Butik Emas LM Cabang Banjarmasin mengecek harga emas batangan per Jumat (1/2/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Investasi emas di Kalimantan Selatan (Kalsel) mengalami tren peningkatan di awal 2019.

Khususnya emas batangan yang kian meningkat transaksi pembelian oleh konsumen.

Kepala Butik Emas LM Banjarmasin, Thamrin Latief melalui Customer Service, Helvia Arianti menuturkan, selama satu pekan terakhir harga emas antam naik sebesar Rp 12.000 per gram.

"Harga emas per gram naik cukup tinggi, meskipun begitu malah lebih banyak yang membeli yakni 75 persen, berbanding 25 persen untuk konsumen yang menjual emasnya," jelas Helvia kepada Banjarmasinpost.co.id, Jumat (1/2/2019).

Baca: Kekasih Deddy Corbuzier, Sabrina Ajak Perempuan Lawan Cat Calling, Simak juga Kisah Kevin Liliana

Baca: Heboh! Beredar Video Penampakan Buaya Besar di Sungai Barito, Petugas Pun Menyisir, Ini Faktanya

Baca: Makan Siang Mewah di Los Angeles, Maia Estianty Pakai Kemeja Menerawang Seharga Rp 10 Juta, Cantik!

Baca: Jaksa Tak Puas Ahmad Dhani Dihukum 1,6 Tahun, Putuskan Ambil Tindakan Ini Agar Dihukum Lebih Berat

Baca: Namanya Juga Lucinta Luna Selalu Bikin Sensasi, Beli Sepatu Rp 15 Juta Heboh, Salah Lagi Sebut Merek

Dirincikan dia, harga logam mulia ini per gram senilai Rp 685.000 sebelumnya pekan lalu naik dari harga Rp 673.000. Sedangkan 5 gram seharga Rp 3.243.000 naik dari pekan lalu Rp 3.183.000, serta 10 gram senilai Rp 6.397.000 naik dari pekan lalu Rp 6.277.000.

Emas batangan yang diproduksi PT Antam, memiliki harga yang tinggi karena dipengaruhi menguatnya nilai tukar rupiah. Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat berada di posisi Rp 13.945, pada perdagangan pasar spot Jumat (1/2/2019).

Hingga akhir Januari lalu, Helvia mengungkapkan, berdasarkan data penjualan Butik Emas LM Cabang Banjarmasin, emas antam yang terjual yakni sekitar Rp 14,6 kilogram.

"Peminat investasi ini kebanyakan pengusaha, namun ada pula pegawai ASN dan BUMN yang juga berinvestasi. Bahkan ada sejumlah pelajar dan mahasiswa yang turut melakukan investasi kecil-kecilan beberapa waktu lalu," ujarnya.

Sejak 2018 lalu, PT Antam telah mengeluarkan emas batangan senilai 1 kilogram, emas tersebut juga dapat dipesan di Butik Emas LM Banjarmasin, dan konsumen harus menunggu hingga dua pekan.

Sedangkan emas antam yang ready stok di Butik Emas LM Banjarmasin hanya sampai 500 gram saja, makin besar ukuran pecahan emas Antam, makin murah pula harga per satu gramnya.

Dikatakan Helvia, konsep ini semakin cocok untuk konsumen yang tujuan pembelian untuk investasi jangka panjang. Sehingga walaupun harga naik konsumen tetap ramai.

"Setiap hari bisa sampai 15 orang yang datang untuk berinvestasi, ada pula via telepon untuk berkonsultasi mengenai harga emas," tukasnya.

Harga emas batangan tersebut sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9%. Konsumen dapat menikmati potongan pajak lebih rendah, yakni 0,45 persen, dengan menyertakan NPWP saat transaksi.

(Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved