Berita Kalteng

Jelang Pilpres 2019, Ribuan Orang Direkrut Awasi TPS, Polda Makin Intensif Jaga Ini

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Tengah , akan melakukan perekrutan sebanyak 8.078 orang yang akan ditugaskan dalam mengawasi TPS

Jelang Pilpres 2019, Ribuan Orang Direkrut Awasi TPS, Polda Makin Intensif Jaga Ini
Banjarmasinpost.co.id/faturahman
Petugas saat menertibkan APK yang tidak sesuai ketentuan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Tengah , akan melakukan perekrutan sebanyak 8.078 orang yang akan ditugaskan dalam mengawasi tempat pemungutan suara (TPS).

Bawaslu mengharapkan, dalam Pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang,pelaksanaanya bisa berjalan dengan baik dan lancar serta sesuai dengan aturan dan perundangan berlaku, sebab itulah pengawasan diperketat terutama saat pelaksanaan pencoblosan di TPS.

Pengawasan Pemilihan Umum anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) serta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019, bawaslu akan fokus pada Tempat Pemilihan Suara (TPS), sehingga Bawaslu menempatkan 8.078 orang, sebagai pengawas.

“Sesuai ketentuan dibutuhkan pengawas disetiap TPS, kami dalam waktu dekat akan melakukan perekrutan Pengawas TPS hingga mencapai ribuan orang, agar pelaksanaan Pileg maupun Pilpres mendatang bisa berjalan dengan baik , ” kata ,Satriadi, Jumat (1/2/2019).

Baca: Pernikahan Ahok (BTP) dan Puput Nastiti Devi Bakal Kandas karena Sifat, Ini Penerawangan Mbak You

Baca: Ayu Ting Ting Ungkap Sebut Saphira Indah saat Meninggal Dunia Calon Bayinya Terpaksa Digugurkan

Baca: Setelah Via Vallen, Jerinx SID Serang Anang Hermansyah, Ashanty Marah-Marah di Instagram

Pengumuman pendaftaran akan dilakukan selama tujuh hari, mulai tanggal 4 sampai 10 Februari 2019, dilanjutkan dengan pendaftaran, penerimaan, penelitian berkas administrasi serta wawancara dilaksanakan selama sembilan hari dari 11-21 Februari 2019.

Sementara itu, Wakapolda Kalteng, Brigjen Rikwanto, mengatakan, ribuan personil Polda Kalteng juga dari Polres jajaran juga akan bekerja maksimal dalam pengawasan dan pengamanan pelaksanaan Pilpres dan Pileg mendatang.

"Kerawanan yang harus diantisipasi maksimal, terutama pada saat perhitungan dan pencoblosan di TPS," ujarnya. banjarmasinpost.co.id/faturahman

Pengadaan APK Pemilu

Maraknya Pemasangan alat peraga kampanye parpol maupun caleg yang di pasang disembarang tempat tanpa mengindahkan ketentuan yang telah ditetapkan oleh KPU hingga, Jumat (1/2/2019) masih ditertibkan Bawaslu Kalteng.

APK untuk Pileg dan Pilpres cukup banyak yang dipasang diluar zona yang telah ditetapkan, bahkan juga ukurannya pun banyak yang menyalahi aturan sehingga akhirnya ditertibkan oleh tim penertiban.

Ketua KPU Kalteng, Harmain Ibrohim, mengatakan, KPU memang diberikan kewenangan untuk memfasilitasi pembuatan APK termasuk mencetaknya, namun ada ketentuan masing-masing , termasuk ukuran dan lokasi pemasangan telah ditetapkan oleh KPU kabupaten dan kota.

"Jika ada caleg atau timses capres yang memasang diluar zona yang telah ditetapkan atau ukuran yang tidak sesuai tentu akan ditertibkan oleh Bawaslu dan tim penertiban lainnya, karena semuanya ada ketentuannya," ujarnya. banjarmasinpost.co.id/faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved