Berita Tapin

Petinggi BPBD Tapin Ikuti Rakornas Kebencanaan di Surabaya, Ini Rencana di Daerah

Jajaran pimpinan di lingkungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapin berada di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur

Petinggi BPBD Tapin Ikuti Rakornas Kebencanaan di Surabaya, Ini Rencana di Daerah
HO/BPBD Tapin
BPBD Tapin di Rakornas Kebencanaan di Surabaya Jawa Timur 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Jajaran pimpinan di lingkungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapin berada di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, selama empat hari, 1-4 Februari 2019 ini.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tapin Nordin mengatakan kepada reporter Banjarmasinpost.co.id, kegiatan di Surabaya itu mengikuti Rakornas BNPB tahun 2019 yang dibuka oleh Presiden Ir H Joko Widodo, Sabtu (2/2/2019) hari ini.

Menurut Nordin, dari sambutan Presiden itu, setiap perencanaan di daerah harus berbasis pengurangan risiko bencana.

Itu artinya lokasi atau daerah yang rawan bencananya tinggi, diusahakan tidak dilakukan pembangunan terutama pemukiman.

Selain itu, melakukan simulasi secara berkala, melakukan edukasi bencana kepada masyarakat dan menetapkan jalur evakuasi dengan baik.

Baca: Komisi I DPRD Kalsel Minta Daerah Lain Contoh BPBD Tabalong Terkait Penanggulangan Bencana

Baca: Jelang MotoGP 2019, Tim Milik Valentino Rossi Resmi Diluncurkan, Rossi Kirim Pesan Ini

Nordin mengaku seusai rakornas kebencanaan akan menyampaikan kepada pimpinan daerah, untuk memberikan penekanan lagi terhadap dokumen rencana penanggulangan bencana yang sudah disusun BPBD Tapin.

Dokumen penanggulangan bencana yang susun itu melibatkan seluruh elemen kekuatan lintas instansi daerah maupun instansi vertikal serta relawan masnyarakat Kabupaten Tapin untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

"Apa yang disampaikan oleh presiden sudah ada dalam dokumen rencana penanggulangan bencana kita, tinggal dukungan dari desition maker di daerah saja," katanya. (banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved