Travel

Waswas Dikenakan Tarif Tinggi Bawa Bagasi? Gunakan Sistem ini Pembelian Voucher Bagasi Lebih Murah

Mulai diberlakukannya bagasi berbayar oleh maskapai penerbangan bertarif rendah atau Low Cost Carrier (LCC) agaknya membuat calon penumpang

Waswas Dikenakan Tarif Tinggi Bawa Bagasi? Gunakan Sistem ini Pembelian Voucher Bagasi Lebih Murah
Facebook Lion Air Group
Lion Air 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Mulai diberlakukannya bagasi berbayar oleh maskapai penerbangan bertarif rendah atau Low Cost Carrier (LCC) agaknya membuat calon penumpang menjadi was-was akan dikenakan tarif tinggi jika akan menitipkan barang bawaannya ke bagasi pesawat.

Namun ternyata, tarif bagasi maskapai penerbangan yang masuk dalam kategori LCC, Lion Air dan Wings Air akan lebih murah jika menggunakan sistem pre-paid baggage atau dibeli maksimal enam jam sebelum penerbangan dan melalui sistem online.

Corporate Communications Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro mengatakan, pelanggan yang akan membawa bagasi dapat melakukan pembelian voucher bagasi (pre-paid baggage) melalui agen perjalanan (agent travel), website Lion Air (www.lionair.co.id) dan kantor penjualan tiket Lion Air Group.

"Pelanggan dapat membeli dengan harga lebih hemat pada saat dan setelah pembelian tiket (issued ticket), dengan batas waktu maksimum enam jam sebelum keberangkatan," ujar Danang.

Baca: Reaksi Mulan Jameela Lihat Anak Ahmad Dhani dan Maia Estianty Menangis Saat Konser Dewa 19

Baca: Tangis Nagita Slavina Diungkap sang Adik, Caca Tengker, Sifat Istri Raffi Ahmad Itu Pun Terbongkar

Baca: Nasihat Hotman Paris ke Ayah Vanessa Angel tentang Cara Mendidik Anak Setelah Kasus Prostitusi Artis

Baca: Komentar Unik Sahabat Syahrini Terkait Emoji Hati Ungu Reino Barack, Mantan Kekasih Luna Maya

Baca: Kemesraan Luna Maya dan Ariel NOAH Muncul di Video Iklan Lawas yang Ramai Dibicarakan Lagi

Meski demikian Danang tak menyebutkan secara detail perbedaan harga bagasi yang dibeli secara pre-paid tersebut.

"Untuk pembelian pre-paid baggage harga lebih hemat, dengan struktur kapasitas berat mulai 5 kilogram. Kalau untuk harga bagasi berbayar itu berbeda-beda antar rute. Misalnya, Jakarta Jogja berbeda dengan Jakarta Surabaya atau Jakarta Denpasar," kata dia.

Danang mengatakan, penyesuaian tarif berbayar ini akan dilakukan mulai tanggal 7 Februari 2019.

"Hadirnya opsi layanan terbaru ini, setiap pelanggan dapat melakukan traveling lebih ekonomis serta terjangkau dengan pilihan kapasitas bagasi menurut tingkat keperluan perjalanan," tuturnya.

Lebih lanjut Ia menambahkan, terkait dengan ketentuan barang bawaan ke kabin, aturan yang berlaku yaitu setiap pelanggan kecuali bayi diperbolehkan membawa satu bagasi kabin dengan maksimum berat 7 kg dan satu barang pribadi seperti tas laptop, perlengkapan bayi, bahan membaca, kamera, atau tas jinjing wanita.

Ketentuan maksimum ukuran dimensi bagasi kabin ialah 40 cm x 30 cm x 20 cm.

Dalam mempersiapkan penerbangan, ia mengimbau kepada seluruh pelanggan untuk melakukan check-in lebih awal yaitu paling tidak 120 menit sebelum jadwal keberangkatan penerbangan di terminal keberangkatan bandar udara. Hal tersebut guna meminimalisir dampak dari antrean panjang di meja pelaporan.

"Kemudian counter check-in di bandar udara akan tutup 30 menit sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan domestik atau 45 menit sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan internasional," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bayar Tarif Bagasi Lion Air dan Wings Air via Online Akan Lebih Hemat"

Editor: Edinayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved