Berita Banjarmasin

Ini Langkah Progresif dan Serius Upaya Pemberantasan Narkoba di Lapas dan Rutan di Kalsel

Sosialisasi dan penguatan integritas kepada seluruh petugas, telah tersedianya penyimpanan HP bagi Petugas yang bersifat transparan.

Ini Langkah Progresif dan Serius Upaya Pemberantasan Narkoba di Lapas dan Rutan di Kalsel
HO/Humas Kemenkumham Kalsel.
Kepala Kanwilkemenkumham Kalsel sosialisasi mengenai pemberantasan narkoba di depan warga binaan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Menindaklanjuti rapat koordinasi antara Badan Narkotika Nasional (BNN) dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik.
Ini langkah - langkah progresif dan serius upaya pemberantasan narkoba di Lapas/Rutan yaitu :

"Minggu pertama melakukan sosialisasi dan penguatan integritas kepada seluruh petugas, telah tersedianya penyimpanan HP bagi Petugas yang bersifat transparan dan berindentitas “one man, one locker” sebelum memasuki area hunian, telah menetapkan jadwal tugas Pejabat dibawah Kepala Lapas/Rutan sebagai perwira pengawas pelaksanaan tugas P2U dan area steril sebelum meamasuki area hunian, serta sosialisasi penindakan kepada Narapidana yang kedapatan memiliki dan menggunakan HP atau Simcard dan Charger," ungkap Kepala Divisi Pemasyarakatan Kalsel, Alfi Zahri.

Minggu kedua Kepala Lapas/Rutan melakukan pemeriksaan langsung terhadap seluruh kamar hunian dan berulang-ulang pada setiap minggunya memastikan tidak ada sarana Instalasi listrik liar yang menyebabkan penyimpanan dan penggunaan kepemilikan HP, Melakukan tes urin kepada seluruh petugas di Lapas/Rutan dan bila ada Petugas yang positif penguna untuk dilakukan penindakan.

Baca: Lapas Banjarbaru Siapkan Locker Penitipan HP Bagi Petugas, Ini Tujuannya

Baca: Masuk Polisi Lewat Jalur Sarjana Transparan Tanpa Bayar, Panitia Ingatkan Waspada Aksi Penipuan

Minggu ketiga Kepala Lapas/Rutan memimpin langsung upaya masif penggeledahan/razia memastikan penyitaan barang terlarang, Kepala Lapas/Rutan telah menetapkan dan mengumumkan pembatasan barang-barang yang diperbolehkan, dimiliki atau disimpan oleh Narapidana/Tahanan untuk memudahkan tindakan penggeledahan, juga penggeledahan seluruh ruangan kerja petugas untuk memastikan seluruh ruangan clear dari penyimpangan.

Minggu keempat laporan seluruh target capaian dari Kepala Lapas/Rutan dalam langkah progresif dan serius upaya pemberantasan narkoba, Kepala Lapas/Rutan telah mengusulkan hukuman disiplin bagi petugas yang terbukti melanggar komitmen penguatan integritas dan ketidakterlibatan dalam jaringan narkoba, telah melakukan join informasi dengan BNNP setempat terkait keberhasilan atau dukungan yang diperlukan dalam langkah progresif dan serius pemberantasan narkoba di Lapas/Rutan.

"Minggu-minggu berikutnya Pastikan semua petugas jangan terlibat membiarkan dan memanfaatkan keuntungan, sehingga mampu menindak pelanggaran Narapidana dalam peguasaan HP dan pengendalian jaringan," katanya.
(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved