Berita Banjarbaru

Kalapas Banjarbaru Pastikan Tak Ada Warga Binaan Memiliki Handphone, Siapkan Wartelsus

Kepala Lapas Kelas III Banjarbaru, Abdul Aziz gerak cepat. Didampingi Kasubsi Keamanan dan Ketertiban Fikri Rahmadian menyambangi seluruh blok hunian.

Kalapas Banjarbaru Pastikan Tak Ada Warga Binaan Memiliki Handphone, Siapkan Wartelsus
banjarmasinpost.co.id/nia kurniawan
Kalapas Banjarbaru koordinasi jajaran terkait fasilitas di Lapas 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN – Kepala Lapas Kelas III Banjarbaru, Abdul Aziz gerak cepat. Didampingi Kasubsi Keamanan dan Ketertiban Fikri Rahmadian menyambangi seluruh blok hunian.

"Bahwa penguasaan ponsel oleh warga binaan dan peredaran narkoba harus nihil di setiap kamar hunian. Tidak ada WBP yang mendapat keistimewaan terkait penguasaan HP. Wartelsus sudah disiapkan sebagai sarana komunikasi WBP dengan keluarganya, sehingga harus lebih diberdayakan penggunaannya," kata  Abdul Aziz dalam arahannya kepada warga binaan. 

Menurut Kalapas, hal ini wajib dilakukan karena deteksi APH mengatakan bahwa HP yang dikuasai dan dipergunakan oleh narapidana/tahanan menjadi pemicu utama dan laten terjadinya komunikasi jaringan gelap peredaran narkoba.

"Dimana sebagian lapas/rutan dalam area komunikasi transaksi narkoba, bahkan berkembang pada tindakan penipuan dengan korbannya masyarakat"

Abdul Aziz juga menyampaikan bahwa upaya progresif ini juga didukung oleh tindakan-tindakan yang optimal dari Lapas sendiri, seperti menyiapkan sistem penindakan bagi narapidana yang kedapatan memiliki dan mempergunakan HP dengan mengedepankan tahapan proses sosialisasi dan edukasi sampai dengan penindakan untuk kepatuhan dan penjeraan.

Baca: Prabowo Kunjungi Rumah Ahmad Dhani, Mulan Jameela Tak Terlihat di Foto Fadli Zon, Hanya sang Ibu

Baca: Tangisan Gisella Anastasia Saat Ditanya Gading Marten Menikah Lagi, Akan Ucapkan Ini ke Ayah Gempita

Petugas juga melengkapi identitas narapidana/tahanan yang kedapatan menyimpan dan mempergunakan HP dalam laporan penggeledahan/razia untuk kepastian penindakan, dan menyiapkan sarana penyimpanan HP bagi petugas sebelum memasuki area hunian yang memastikan penyimpanan bersifat ‘one man one locker’ yang transparan.

Kepala lapas/rutan menjadi inspirasi dan keteladanan untuk bersedia dan mewajibkan diperiksa saat memasuki Pengamanan Pintu Utama (P2U) dan sebelum memasuki area hunian.

Selain itu, juga petugas Lapas menyiapkan pemusnahan secara cepat dan terdokumen terhadap HP atau barang terlarang lainnya yang tidak diperlukan lagi sebagai bahan penyidikan.

Dalam kesempatan ini, sekaligus Kalapas juga melakukan legiatan kontrol keadaan blok hunian. Mengecek jaringan listrik apakah sesuai penggunaan atau telah terjadi penyalahgunaan juga.

Kalapas juga menyampaikan pola hidup sehat dan bersih bagi warga binaan agar menciptakan lingkungan bloknya yang nyaman dan segar agar tenang dalam menjalani masa pidananya.

Di akhir kegiatan, Kalapas mengingatkan kembali kepada para petugas agar jangan sekali-sekali melakukan penyalahgunaan HP bila tidak ingin mendapat sanksi administratif sesuai dengan peraturan tentang penjatuhan hukuman disiplin petugas.

"jadilah petugas Pemasyarakatan yang handal, bermental baja dan penuh dedikasi untuk Pemasyarakatan yang lebih baik" pungkas Kalapas.

Baca: Dinkes Banjarbaru Sebut Banjarbaru Sudah Masuk KLB Kasus DBD, Tinggal Tunggu SK Wali Kota

Baca: Djoko Santoso Keluarkan Petisi Desak TNI-Polri dan ASN Netral dalam Pilpres 2019

Sebagai tindak lanjut hasil teleconference antara Dirjenpas dengan Seluruh Kepala Lapas dan Rutan, dalam upaya lebih progresif dan masif pemberantasan penyalahgunaan narkoba di lembaga pemasyarakatan/rumah tahanan, Kepala Lapas Kelas III Banjarbaru, bergerak cepat menyambut arahan tersebut.

Setelah sebelumnya disampaikan bahwa sosialisasi telah dilaksanakan pada petugas LP Banjarbaru dan seluruh pejabat struktural, kini gerakan masif diarahkan ke Warga Binaan Pemasyarakatan. (banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved