Opini Publik

Literasi Pendidikan Angpao Generasi Milenial

Perayaan hari besar menjadi momen yang selalu ditunggu oleh setiap orang, termasuk Chinese New Year yang bertepatan pada 5 Februari 2019.

Literasi Pendidikan Angpao Generasi Milenial
Freepik.com
Kumpulan Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2019 

Oleh: AHMAD SYAWQI
Pustakawan UIN Antasari Banjarmasin

BANJARMASINPOST.CO.ID - Perayaan hari besar menjadi momen yang selalu ditunggu oleh setiap orang, termasuk Chinese New Year yang bertepatan pada 5 Februari 2019 sebagai Tahun Baru Imlek 2570. Salah satu hal yang menarik dalam setiap perayaan Imlek adalah tradisi berkunjung ke rumah saudara sambil membagi angpao sebagai tradisi budaya Cina tanda kemeriahan perayaan tahun baru Imlek.

Tradisi pemberian Angpao ini selalu menjadi topik menarik dan menjadi rangkaian acara yang ditunggu-tunggu dari setiap generasi, sehingga sangat perlu adanya pendidikan literasi terkait Angpao tersebut, baik dari segi makna, tradisi, aturan pemberian, cara memanfaatkannya, dan sebagainya.

Seperti yang dirangkum Grid.ID dari laman Honey Combers, terkait dengan makna pemberian Angpao di tahun baru Imlek, Angpao sendiri merupakan pelafalan dari bahasa Hokkien dari kata ang pow. Sedangkan dalam kosa kata bahasa Mandarin, angpao disebut dengan hongbao, yang berarti amplop merah yang dipilih sebagai simbol dari energi, kebahagiaan dan keberuntungan.

Pemberian angpao ini diharapkan akan memberikan kebahagiaan, keberuntungan dan rasa tentram bagi para penerimanya untuk satu tahun kedepan. Karena itulah, orang yang menerima angpao tidak boleh membuka angpao tersebut di depan pemberinya.

Dilansir dari laman Malaysia thestar.com.my, sejarah pemberian angpao ini sudah berlangsung sejak lama, yaitu 1000 tahun yang lalu di negeri Panda. Saat itu, orangtua memberikan anak-anaknya 100 koin. Dalam kepercayaan mereka, pemberian 100 koin ini akan memberikan anaknya umur panjang hingga 100 tahun. Pemberian koin-koin ini dilakukan saat malam sebelum tahun baru Imlek. Anak-anak saat itu menggunakannya untuk membeli baju baru atau menabungnya.

Para penerima angpao tidak ditentukan dari umur, melainkan dari status hubungan. Jika sudah menikah, maka orang tersebut berkewajiban memberi angpao kepada sanak saudaranya yang belum menikah. Jika memang bersedia memberikan angpao kepada sanak saudara yang lebih muda, maka pemberian angpao pun akan disesuaikan dengan isi dompetnya. Selain itu, pemberian angpao juga wajib diberikan kepada anak yang sudah menikah kepada orang tuanya.

Berdasarkan kebudayaan dan kepercayaan masyarakat keturunan Tionghoa, jumlah nominal uang angpao boleh berapa saja asal tidak mengandung angka 4 yang dalam bahasa mandarin memiliki pelafalan yang sama dengan kata ‘mati’ dan memiliki arti yang buruk serta selalu dikaitkan dengan ketidakberuntungan.

Disarankan saat mengisi angpao, gunakan angka 8 yang memiliki arti keberuntungan atau kekayaan dalam bahasa mandarin.

Dalam memberikan angpao sebaiknya juga menyematkan ucapan kalimat yang memiliki makna keberuntungan dan harapan yang baik, seperti ucapan yang sering digunakan saat perayaan Imlek yakni ‘Gong Xi Fa Cai’ atau ‘Semoga kamu diberkahi oleh keberuntungan yang melimpah’. Jika diuraikan Gong Xi berarti selamat, Fa berarti berkembang, dan Cai berarti kekayaan. Facai berarti berkembang dan menjadi kaya.

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved