Bumi Sanggam

Terus Lakukan Reformasi Birokrasi, Pemkab Balangan Raih Predikat B SAKIP Award 2018

Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Pemkab Balangan berhasil mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

Terus Lakukan Reformasi Birokrasi, Pemkab Balangan Raih Predikat B SAKIP Award 2018
Humas Pemkab Balangan
Bupati Balangan H Ansharudin saat menerima penghargaan dari MenpanRB Syafruddin. Pemkab Balangan Raih Predikat B SAKIP Award 2018. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Pemkab Balangan berhasil mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

Melalui kerja keras dan kerjasama yang dilakukan, Pemkab Balangan bisa mendapatkan predikat nilai B untuk laporan hasil evaluasi SAKIP Tahun 2018.

Atas capaian tersebut, Kemenpan RB memberikan apresiasi kepada Pemkab Balangan berupa penghargaan Akuntabilitas Kinerja tahun 2018.

Pemkab Balangan Raih Predikat B SAKIP Award 2018
Pemkab Balangan Raih Predikat B SAKIP Award 2018 (Foto dari kabaghumas balangan)

Penghargaan diterima Bupati Balangan H Ansharuddin dari Menpan RB Syafruddin, di acara apresiasi dan penyerahan laporan hasil SAKIP Pemerintah Propinsi, Kabupaten Kota Wilayah II, SAKIP Award 2018 di ball room Hotel Golden Tulip Banjarmasin, Rabu (6/2/2019)

Menpan RB RI, Syafruddin, menyampaikan, birokrasi harus bertanggungjawab penuh dengan menajamkan dan memantapkan program kegiatan.

"SAKIP akan menjawab terjadinya kegiatan dengan out come yang dapat dirasakan masyarakat, jangan hanya sekadar tingginya serapan APBD tetapi harus berorientasi hasil atau result oriented," tegasnya.

Kabag Humas Balangan - Penghargaan diterima Bupati Balangan

H Ansharuddin

Senada, Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, mengatakan, sesuai dengan tantangan perkembangan zaman, maka pemerintah harus bergerak menuju perubahan yang lebih baik.

"SAKIP salah satu instrumen untuk mempertanggungjawabkan kinerja pemerintah," katanya.

Sementara itu, Bupati Balangan, H Ansharuddin, menyampaikan, peningkatan nilai indikator kinerja utama Pemkab Balangan dari dari CC menjadi B karena sudah adanya penguatan SAKIP.

Penguatan ini pada dokumen perencanaan, review oleh inspektorat, keselarasan perencanaan dengam penganggaran dan adanya inisiasi penyusunan regulasi penyusunan SAKIP serta kerjasama yang baik antar SKPD sebagai pemangku indikator kinerja utama.

Pemkab Balangan Raih Predikat B SAKIP Award 2018
Pemkab Balangan Raih Predikat B SAKIP Award 2018 (Foto dari kabaghumas balangan)

"Kedepan harus terua dipertahankan dengan tim work yang semakin terkoordinir dan solid," ujarnya.

Bukan hanya itu, Ansharuddin juga menegaskan akan terus melakukan reformasi birokrasi dengan melakukan pembinaan dan monev secara terstruktur.

"Kami sebagai pemerintah terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Tanpa SAKIP pembangunan kita tanpa arah yang jelas," ungkapnya. (*/aol)

Penulis: Dony Usman
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved