Bumi Sanggam

Kabupaten Balangan Bersiap Menuju Smart City, Diskominfo Bakal Pasang Free Wifi atau Hotspot Area

Persiapan Kabupaten Balangan, Kalsel, untuk menjadi smart city saat ini dilakukan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) setempat.

Kabupaten Balangan Bersiap Menuju Smart City, Diskominfo Bakal Pasang Free Wifi atau Hotspot Area
Diskominfo Balangan
Diskominfo Balangan telah menggelar diskusi persiapan Kabupaten Balangan menuju Smart City dengan pakar IT, Koes Wiyatmoko, Rabu (6/2/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Persiapan Kabupaten Balangan, Kalsel, untuk menjadi smart city saat ini dilakukan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) setempat.

Sebagai langkah serius Diskominfo Balangan telah menggelar diskusi persiapan Kabupaten Balangan menuju Smart City dengan pakar IT, Koes Wiyatmoko, Rabu (6/2/2019).

Kegiatan yang dilakukan di kantor diskominfo ini bertujuan untuk melakukkan perencanaan dan menunjukkan keseriusan dalam mewujudkan kabupaten yang cerdas dengan mengintegrasikan teknologi dan informasi dengan membuat free wifi atau hotspot area di beberapa daerah Kabupaten Balangan.

Serta membuat media siaran lokal untuk daerah berupa Balangan TV yang nantinya diharapkan mampu memberikan informasi seputar Kabupaten Balangan.

Kepala Diskominfo Kabupaten Balangan, Syarif Ubaidillah, mengatakan untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi, Bupati Balangan H Ansharuddin memerintahkan pihaknnya melakukan perencanaan untuk program penting ini.

Mengingat permintaan dari bupati untuk mengintegrasikan jaringan di 8 kecamatan yang terdiri dari 157 desa yang ada di Kabupaten Balangan, yaitu membuat hostpot di area publik.

"Contohnya di area jembatan Paringin sampai dengan kantor BRI Paringin, dengan pusat center di kantor DPMPTSP dan mengusahakan membuat Balangan TV yang tentunya nanti mampu memberikan informasi terkini tentang daerah," katanya.

Sementara itu, dalam materinya, Koes Wiyatmoko, yang merupakan pakar IT dan juga Ketua Pusat Studi Digital Forensik Universitas Nahdiatul Ulama, menyampaikan secara detail tentang proses persiapan dan regulasi perencanaan menuju smart city.

Disarankannya, Diskominfo Kabupaten Balangan untuk segera merealisasikan program smart city ini, bisa dimulai dengan merealisasikan hotspot di beberapa daerah, guna mempermudah masyarakat.

"Bisa juga nantinya ditambahkan dengan membuat aplikasi penunjang yang bisa diakses oleh masyarakat, contohnya aplikasi yang bisa melihat kamar yang kosong yang ada di rumah sakit,” kata Wiyatmoko.

Melalui perencanaan smart city ini diharapkan masyarakat Kabupaten Balangan semakin paham dan terbiasa menggunakan teknologi, dan mempermudah dalam memperoleh informasi. (aol/*)

Penulis: Dony Usman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved