Berita Kabupaten Banjar

Kebun Kopi Tiwinganbaru Mulai Dirawat, Ternyata Peninggalan Belanda, Segini Luasannya

Tanaman kopi Aranio tersebar di sejumlah tempat di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel). Di antaranya di Desa Tiwingambaru, Kecamatan Aranio.

Kebun Kopi Tiwinganbaru Mulai Dirawat, Ternyata Peninggalan Belanda, Segini Luasannya
banjarmasinpost.co.id/idda royani
BAHARI - Inilah kondisi kebun kopi peninggalan zaman bahari di Desa Tiwingambaru, Kamis (07/02/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Tanaman kopi Aranio tersebar di sejumlah tempat di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel). Di antaranya di Desa Tiwingambaru, Kecamatan Aranio.

Ternyata jika ditotal, area kebun kopi di Tiwinganbaru lumayan luas. "Kalau 25 hektare saja, ada," sebut Ketua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bina Sejahtera, Arianto, Kamis (07/02/2019).

Namun kebun tersebut terpencar di beberapa lokasi. Pasalnya, umumnya adalah kebun peninggalan nenek moyang yang telah berusia puluhan tahun.

"Umumnya kebun kopi yang ada di desa kami ini kebun peninggalan Belanda. Begitu cerita yang kami dapatkan dari tetuha dinsini," timpal Fauzi, tokoh warg Tiwinganbaru.

Baca: Tim Survei Dinkes Banjar Kaget Lihat Unit Usaha BUMDes Bina Sejahtera, Ini yang Terjadi

Ia mengaku senang dengan kian banyaknya perhatian sejumlah pihak terhadap usaha pengolahan kopi Aranio yang dijalankan BUMDes Bina Sejahtera. Hal itu makin memotivasi para pemilik kebun kopi untuk merawat dan memelihara kembali kebun masing-masing.

Pasalnya, selama ini kebun kopi yang ada di Tiwinganbaru umumnya tak dirawat. Karena itu kondisinya diselimuti belukar sehingga pertumbuhan dan perkembangannya pun tak normal.

"Nah, sekarang sudah mulai semangat merawat kebun kopinya. Apalagi sekarang pihak Uniska (Universitas Islam Kalimantan) Banjarmasin makin intens melakukan pembinaan dan pendampingan pada warga di sini dalam merawat kebun kopi," tandas Fauzi.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved