Berita Kabupaten Banjar

Proses PAW Derwana Sudah Sampai ke Sekretariat DPRD Banjar, Bawaslu dan KPU Usung Nama Apriana

Proses PAW Derwana Sudah Sampai ke Sekretariat DPRD Banjar, Bawaslu dan KPU Usung Nama Apriana

Proses PAW Derwana Sudah Sampai ke Sekretariat DPRD Banjar, Bawaslu dan KPU Usung Nama Apriana
banjarmasinpost.co.id/hasby
Anggota Bawaslu Banjar, M Syahrial Fitri diruang kerjanya, Kamis (7/2/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banjar dan KPU Kabupaten Banjar sudah menyerahkan proses pengganti antar waktu (PAW) seorang anggota DPRD Banjar, Derwana Fermei Golles yang mengundurkan diri karena pindah partai di Pileg 2019.

Baik Bawaslu dan KPU Kabupaten Banjar mengusung nama Apriana untuk menggantikan Derwana yang pindah partai dari PKPI ke Nasdem.

Polemik PAW ini, sempat dilakukan Pengaduan kepada Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP ) Republik Indonesia di Jakarta oleh Apriana teradu KPU Kabupaten Banjar melalui pengaduan Nomor 0372/DKPP/SJ/PP.01/I/2019, pada tanggal 11 Januari 2019.

Apriana menganggap KPU Kabupaten Banjar, melanggar kode etik penyelenggara pemilu dengan tidak bekerja secara mandiri, profesional dan berkepastian hukum, walaupun setelah pengaduan itu diproses ditengah jalan Apriana sendiri melakukan pencabutan.

Baca: Baru 4.055 Orang dari 8.881 WBP se-Kalsel Yang Memperoleh DPT Pemilu 2019, Sisanya?

Baca: Reaksi Putri Mulan Jameela, Tiara Savitri Dituduh Hamil Diluar Nikah, Anak Tiri Ahmad Dhani Menjawab

Baca: Jelang Debat Capres Pilpres 2019 Kedua, Sandiaga Uno Tegaskan Bukan Ajang Saling Serang

Baca: Mbak You Blak-blakan Soal Hubungan Ariel Noah dengan Artis P, Ternyata Luna Maya Sudah Merasakan

Baca: Arsy Hermansyah Minta Aurel Tak Tinggalkan Rumah dan Minta Ini Pada Ashanty

Anggota Bawaslu Kabupaten Banjar, M Syahrial Fitri mengatakan, proses ini sudah diatur di dalam Peraturan DKPP Nomor 2 dan Nomor 3 Tahun 2017.

Sedangkan terkait masih belum selesainya proses PAW terhadap pengunduran diri Derwana Farmei Golles dari Anggota DPRD Kabupaten Banjar, Bawaslu Kabupaten Banjar menyerahkan sepenuhnya proses tersebut kepada DPRD Kabupaten Banjar.

Dia menjelaskan, KPU Kabupaten Banjar juga sudah menyampaikan nama calon, yang sebelumnya sudah dilaksanakan penelitian dan verifikasi faktual, melalui surat Nomor 41/HM.03.3-SD-6303/Kpu-Kab/I/2019 tertanggal 22 Januari 2019 perihal PAW Anggota DPRD Kabupaten Banjar dari Partai PKPI, yang menyatakan Apriana memenuhi syarat sebagai calon pengganti antarwaktu anggota DPRD Kabupaten Banjar.

“Memang persoalan PAW dari partai PKPI ini berlarut-larut, karena ada hal-hal secara administratif belum dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Banjar, selain itu memang terdapat persoalan konflik di internal partai politik yang bersangkutan,” katanya, Kamis (7/2).

Oleh sebab itu menurutnya, himbauan serta rekomendasi Bawaslu Kabupaten Banjar Nomor 03/TM/PL/Kab/22.04/XI/2018 sudah menyampaikan kepada KPU Kabupaten Banjar, agar melaksanakan sebagaimana ketentuan PKPU Nomor 6 Tahun 2017.

Adapun persoalan internal PKPI mengenai status keanggotaan Apriana yang sebelumnya dinyatakan diberhentikan oleh PKP Indonesia Kabupaten Banjar, kini sudah clear (beres).

Halaman
12
Penulis: Hasby
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved