Berita Kabupaten Banjar

Tim Dinkes Pemkab Banjar Hari Ini Kunjungi BUMDes Bina Sejahtera, Ada Kopi Bubuk Aranio

Usaha pengolahan kopi Aranio terus dimantapkan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bina Sejahtera, Desa Tiwinganbaru, Kecamatan Aranio

Tim Dinkes Pemkab Banjar Hari Ini Kunjungi BUMDes Bina Sejahtera, Ada Kopi Bubuk Aranio
ARIANTO UNTUK BANJARMASINPOST.CO.ID
Beginilah pengolahan bubuk kopi Aranio yang dijalankan BUMDes Bina Sejahtera, masih secara tradisional. Mereka belum memiliki perlengkapan memadai karena keterbatasan modal. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Usaha pengolahan kopi Aranio terus dimantapkan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bina Sejahtera, Desa Tiwinganbaru, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan (Kalsel).

Saat ini mereka sedang mempersiapkan kelengkapan faktual dan administratif untuk pengurusan izin produksi industri rumah tangga (PIRT).

"Hari ini Tim dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjar akan melakukan survei ke tempat kami. Semoga lancar dan kami bisa segera mendapatkan izin PIRT," ucap Ketua BUMDes Bina Sejahtera, Arianto, Rabu (07/02/2019).

Selain itu, sebutnya, tim dari UPT Kewirausahaan dan Inkubasi Bisnis, Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Banjarmasin, juga akan turut turun. Selama ini unit usaha perguruan tinggi swasta tersebut melakukan pendampingan teknis dan menjalin kemitraan dengan BUMDes Bina Sejahtera.

Baca: Mbak You Blak-blakan Soal Hubungan Ariel Noah dengan Artis P, Ternyata Luna Maya Sudah Merasakan

Baca: Dewi Perssik Sekarang Serumah & Merasakan Perlakuan Ibu Mertua, Kata-kata Manja Keluar dari Mulut DP

Baca: VIRAL Video Wanita Sengaja Copot Handuk di Depan Ojek Online, Si Ojol Kabur, Ditonton 36 Ribu Kali

Arianto mengatakan izin PIRT sangat dibutuhkan guna memperlancar usaha produksi bubuk kopi Aranio yang sejak sekitar empat bulan lalu ia jalankan. Apalagi untuk mendapatkan label halal, salah satu syaratnya mesti memiliki izin PIRT.

"Untuk pengurusan label halal, nanti kami akan dibantu oleh Dinas Perindag Banjar," sebutnya.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved