Pemilu 2019

Pekerja Bukan Warga Kabupaten Tapin Dapat Surat Suara Pemilu 2019, Begini Caranya

Pekerja Bukan Warga Kabupaten Tapin Dapat Surat Suara Pemilu 2019, Begini Caranya

Pekerja Bukan Warga Kabupaten Tapin Dapat Surat Suara Pemilu 2019, Begini Caranya
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Fitria, Anggota KPU Kabupaten Tapin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Pekerja yang bukan warga Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan asalkan terdaftar sebagai pemilih dapat menyalurkan hak suaranya pada Pemilu, 17 April 2019 mendatang.

Itu dikatakan anggota KPU Kabupaten Tapin, Fitria yang membidangi Divisi Sosialiasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Jumat (8/2/2019).

Menurutnya, pindah memilih itu disebabkan menjalankan tugas pada saat pemungutan suara, menjalani rawat inap atau mendampingi keluarga, menjalani rehabilitasi narkoba, menjalani tahanan di Rutan atau Lapas, pindah domisili, tertimpa bencana alam atau bekerja diluar domisili.

Fitria mengaku di Kabupaten Tapin tidak sedikit pekerja yang bukan warga Kabupaten Tapin, artinya bekerja diluar domisili seperti di bidang pertambangan batu bara dan perkebunan kelapa sawit.

Baca: Nenek Siti Hairiyah Senang Dapat Kunjungan dan Bantuan, Polsek Lampihong Gelar Jumat Berbagi

Baca: Link Pendaftaran P3K 2019 (PPPK 2019) di sscasn.bkn.go.id Dibuka Mulai 16.00 WIB, Cek Syaratnya!

Baca: Balasan Nicholas Sean Jelang Pernikahan Ahok Alias BTP dan Puput Nastiti Devi, Untuk Veronica Tan?

Untuk pekerja bukan domisili Kabupaten Tapin, di luar wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, misalnya dari Pulau Jawa, dapat mendatangi kantor KPU Kabupaten Tapin di Jalan Jenderal Sudirman No 9, By Pass Rantau, Kelurahan Rangda Malingkung, Kecamatam Tapin Utara, Tapin, Kalsel.

"KPU Tapin dapat mengusulkan kepada PPS dimana domisili pekerja tersebut sesuai KTP elektronik. KPU diluar Kalsel yang akan mengirimkan surat A5 untuk dimasuk dalam daftar pemilih tetap tambahan. Catatannya bukan warga Kabupaten Tapin dan ingin menyalurkan hak suaranya karena sudah terdaftar sebagai pemilih tetap," katanya Kepada reporter Banjarmasinpost.co.id.

Sedangkan untuk pemilih yang berada di dalam Provinsi Kalimantan Selatan yang berbeda kabupaten, Fitria mengatakan harus meminta surat A5 kepada KPU dimana tempat tinggalnya.

Khusus A5 di dalam Provinsi Kalimantan Selatan sebaiknya diurus sebelum 15 Februari 2019. Ini agar memudahkan petugas KPPS karena surat suara di setiap TPS dibatasi hanya 300 lembar.

"Kalau diluar 15 Februari, khawatirnya bisa saja di TPS yang jauh dari tempat tinggal pemilih. Pemilih dapat satu surat suara, yaitu surat suara capres dan cawapres saja," katanya.

Belum lama ini, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tapin mengadakan rapat koordinasi persiapan rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb), Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan perbaikan DPT Pemilu 2019 bersama PPK se Kabupaten Tapin di Kantor KPU setempat. (banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved