Berita Kotabaru

Hasil Temuan Razia di Lapas Kotabaru Akhirnya Dimusnahkan, Ini Penjelasannya

Sejumlah barang hasil temuan saat razia di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kotabaru , dimusnahkan.

Hasil Temuan Razia di Lapas Kotabaru Akhirnya Dimusnahkan, Ini Penjelasannya
Dok Lapas Klas II B Kotabaru untuk BPost Group
Pemusnahan sejumlah barang bukti usai razia di Lapas Klas II B Kotabaru, Sabtu (9/2/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Sejumlah barang hasil temuan saat razia di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kotabaru , dimusnahkan.

Pemusanahan itu dilaksanakan di Lapangan Dalam Lapas Kotabaru, Sabtu (9/2/19). Pemusnahan itu langsung dipimpin Kepala Lapas Kotabaru, Suhartomo dan dihadiri para Kepala Seksi, tokoh msyarakat dan warga binaan Lapas.

Barang yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil razia yang dilaksanakan selama satubtahun di 2018 lalu. Dimana jajaran Lapas selalu melakukan razia rutin tiap pekan.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kotabaru, Suhartomo beserta jajarannya dan beberapa orang perwakilan dari masyarakat dan Warga binaan Lapas Kotabaru lakukan pemusnahan barang-barang hasil razia seperti Handphone, Charger, senjata tajam, dan lain-lain.

Baca: Gabungnya Ahok BTP Diyakini TGB Mampu Dongkrak Elektabilitas Jokowi-Maruf di Pilpres 2019

Barang-barang tersebut dimusnahkan dengan cara dibakar dan dirusak. Selaian dari hasil razia blok hunian barang-barang tersebut juga ada yang ditemukan saat pemeriksaan pada mesin X-ray yang dibawa pengunjung untuk diselundupkan ke dalam lapas.

"Kegiatan pemusnahan barang hasil razia ini sesuai dengan perintah Dirjenpas, Kakanwil dan Kadivpas Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan," katanya.

Itu sebagai komitmen melalukan penertiban dan komitmen Perang terhadap penggunaan dan pengendalian narkoba dari dalam lapas. Selain pemusnahan barang hasil razia hari ini, juga telah melakukan sosialisasi kepada seluruh Petugas dan Warga binaan.

"Tepat pada Kamis tanggal 7 Februari 2019 kami telah melakukan tes urine pada seluruh petugas dan Alhamdulillah hasilnya semua Petugas negatife dari narkoba," ujar Suhartomo.

Baca: Usai Diungguli Valentino Rossi di Pramusim MotoGP 2019, Marc Marquez Buat Histeris Ibu di Bandung

Dia juga menjelaskan, barang-barang yang dimusnahkan adalah keseluruhan dalam tahun 2018. Jajarannya rutin melakukan razia baik yang terjadwal maupun insidentil dan jumlahnya minimal 2 kali dalam seminggu.

Kepala Kesatuan Pemgamanan Lapas Kotanaru, juga menambahkan, biasanya razia tersebut dilakukan dengan cara bekerjasama dengan seluruh bagian di Lapas Kotabaru.

"Ini sebagai upaya agar didalam lapas tetap tertib," katanya. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved