Serunya Bernostalgia dengan Hp Jadul

Supaya Hp Jadul Tetap Awet & Berumur Panjang, Gampang! Hanya Terletak pada Cara Ngeces

Produk elektronik yang sudah tua memang rentan rusak, sebab itu perlu perawatan ekstra agar usia pakainya bertahan lama.

Supaya Hp Jadul Tetap Awet & Berumur Panjang, Gampang! Hanya Terletak pada Cara Ngeces
Banjarmasinpost.co.id/salmah
Koleksi Hp Jadul Budi Rizaldi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Produk elektronik yang sudah tua memang rentan rusak, sebab itu perlu perawatan ekstra agar usia pakainya bertahan lama.

Seperti halnya Hp jadul, biasakanlah memperlakukan Hp tua ini dengan wajar dan benar alias tidak sembarangan.

Bagaimana caranya? Berikut tips disampaikan Budi Rizaldi, kolektor Hp jadul yang juga teknisi Hp di Kota Banjarmasin.

"Perlu diperhatikan adalah saat menyimpan Hp, gunakan stand ponsel. Ini ada dijual di toko aksesoris," terangnya.

Diingatkan pula, jangan meletakan Hp di atas benda elektronik yang dalam kondisi on, karena masing-masing memancarkan gelombang elektromagnetik.

Pengecasan yang benar adalah sangat penting karena akan berhubungan dengan umur ponsel. Pakai charger yang sesuai dengan tipe baterai. Jangan sering gunakan Hp saat dicas.

Baca: Al & Dul Jaelani Dibully Pendukung Capres Usai Ahmad Dhani Divonis, Maia Estianty Pun Panen Pujian

Baca: Kalau Mau Jual Hp Jadul di Banjarmasin Tak Sembarangan, Siap-siap Pemilik Mau Difoto Berikut KTP-nya

Baca: Mau Beli Hp Jadul? Inilah Tempatnya di Banjarmasin Salah Satunya di Jalan Djok Mentaya

Baca: HP Jadul di Tangan Pria Banjarmasin Berubah Jadi Robot Transformer & Pistol, Begini Penampakannya

Bersihkan Hp. Membersihkan bagian luar, bisa menggunakan lotion dengan memakai kain halus atau tisu. Kalau casing mudah dibuka, bersihkan debu yang biasanya masuk melalui celah speaker atau mikropon.

Jika membersihkan layar LCD, gunakan kain microfiber yang tidak akan meninggalkan bekas seperti kain biasa. Dengan kain biasa kadang terdapat bagian benang kecil tertinggal menempel pada LCD.

Pasang sarung ponsel, misalnya plastik, mika, kulit, atau silikon. Ini berguna untuk menghindari ponsel dari goresan, debu dan benturan. Pasang juga anti gores layar.

Gunakan gantungan atau tali Hp, karena Hp jadul biasanya ada lubang gantungan untuk menghindari Hp dari risiko terjatuh.

"Kalau menyimpan Hp di saku celana atau tas, jangan satukan dengan barang lain. Seba jika tercampur benda keras macam kunci, uang logam dan lainnya maka berisiko tergores," ingat Budi.

Kolektor Hp jadul tentu Hp-nya tidak digunakan semuanya sehingga membuat sebagian lainnya hanya akan menjadi hiasan saja. Jika hp akan disimpan dalam waktu lama sebaiknya gunakan silica gel.

Tempatkan silica gel di lemari atau di box tempat menyimpan Hp agar Hp tetap kering dan komponen di dalamnya tidak mudah berkarat.

Lepas baterai saat akan disimpan dalam waktu lama, karena baterai jika tetap terpasang dalam Hp maka akan tetap mengaliri arus listrik ke Hp sekalipun Hp dalam keadaan mati.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved