Serambi Mekkah

Berantas Narkoba, Desa di Kabupaten Banjar Ini Dipilih Jadi Desa Bersih Narkoba

Perang terhadap narkoba (narkotika, obat-obatan, dan zat adiktif) terus digaungkan di Kabupaten Banjar.

Berantas Narkoba, Desa di Kabupaten Banjar Ini Dipilih Jadi Desa Bersih Narkoba
Humas Kabupaten Tanahlaut
Sekda Banjar H Nasrun Syah (kanan tengah) memimpin rapat persiapan pencanangan Desa Bersih Narkoba, Senin (11/02/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Perang terhadap narkoba (narkotika, obat-obatan, dan zat adiktif) terus digaungkan di Kabupaten Banjar.

Karena itu pula bakal ditetapkan desa tertentu sebagai percontohan kawasan yang terbebas dari pengarih narkoba.

Dalam upaya mewujudkan hal itu digelar rapat bersama antara Pemerintah Kabupaten Banjar dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (11/02/2019) siang hingga sore.

Rapat yang digelar di ruang kerja Bupati Banjar itu untuk memantapkan persiapan pencanangan Desa Bersih Narkoba (Bersinar) yang akan dilakukan oleh Kepala BNN RI Komjen Pol Heru Winarko Kamis (14/02/2019) lusa.

Sekretaris Daerah (Sekda) Banjar H Nasrun Syah memimpin rapat tersebut didampingi Kepala BNN Provinsi Kalsel Brigjen Pol Nixon Manurung. Peserta rapat antara lain dari BNN Kabupaten Banjar, Badan Kesbangpol, Bapelitbang, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Polres Banjar, dan Kodim 1006/Martapura.

Nasrun menegaskan Pemerintah Banjar sudah siap menyelenggarakan kegiatan dari BNN Provinsi Kalsel tersebut. "Kami mengharapkan doa dan dukungan semua pihak agar nanti acaranya lancar," ucapnya.

Suasana rapat desa bersih narkoba di ruang kerja Bupati Kabupaten Banjar, Senin (11/2/2019).
Suasana rapat desa bersih narkoba di ruang kerja Bupati Kabupaten Banjar, Senin (11/2/2019). (Dishub Kabupaten Banjar)

Lebih dari itu, lanjut Nasrun, diharapkan masyarakat berpartisipasi untuk mewujudkan desa yang terbebas dari pengaruh narkoba.

Tempat pencanangan Desa Bersih Narkoba yakni di Aula KH Kaspul Anwar di lingkungan kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar di Desa Bincau, Kecamatan Martapura.

Kepala BNN Kalsel Brigjen Pol Nixon Manurung mengatakan pada Kamis nanti kepala BNN RI Komjen Pol Heru Winarko akan menghadiri dan meresmikan secara langsung Desa Bersih Narkoba dan Relawan Anti Narkoba di Kabupaten Banjar.

Namun sebelum meresmikan Desa Bersih Narkoba, Kepala BNN RI lebih dulu akan memberikan kuliah umum tentang bahaya penyalahgunaan narkoba di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin.

Peresmian Desa Bersih Narkoba tersebut diikuti relawan antinarkoba dari sembilan kabupaten dannkota di Kalsel. Juga direncanakan akan dihadiri Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor (Paman Birin) dan tuan rumah Bupati Banjar H Khalilurrahman.

Selanjutnya nanti setelah peresmian Desa Bersih Narkoba, dilakukan peninjauan ke Desa Tunggulirang, Kecamatan Martapura, yang dipilih sebagai Desa Bersih Narkoba di Kabupaten Banjar.

(banjarmasinpoat.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved