KaltengPedia

KaltengPedia : Sejarah Kalimantan Tengah (Kalteng) Disebut Juga Bumi Pancasila

rovinsi Kalimantan Tengah atau Kalteng selama ini selain dikenal sebagai Bumi Tambun Bungai juga makin akrab disebut sebagai Bumi Pancasila.

KaltengPedia : Sejarah Kalimantan Tengah (Kalteng) Disebut Juga Bumi Pancasila
tribunkalteng.com/faturahman
Rumah Betang, merupakan rumah khas dayak Kalteng. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Provinsi Kalimantan Tengah atau Kalteng selama ini selain dikenal sebagai Bumi Tambun Bungai juga makin akrab disebut sebagai Bumi Pancasila.

Pendeklarasian Kalteng sebagai Bumi Pancasila dilakukan pada 11 Juni 2011 di Tugu Soekarno Jalan S Parman tepat di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Tengah dengan melakukan upacara.

Dalam deklarasi tersebut juga dilakukan penganugerahan Pemimpin Pancasila yang oleh Predrick Hendolo dari Tim Lembaga Indonesia Satu.

Beberapa orang terpilih sebagai Pemimpin Pancasila di antaranya Gubernur Kalteng Teras Narang dan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD yang dinobatkan sebagai pemimpin Pancasila 2010 dilakukan di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pengunjung singgah ke rumah betang, khas Kalteng ini, Kamis (6/3/2014).
Pengunjung singgah ke rumah betang, khas Kalteng ini, Kamis (6/3/2014). (banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Tetuha Kalteng, Sabran Achmad, mengatakan, Falsafah Pancasila ini juga terdapat dalam Huma Betang yang menjadi filosofi warga Kalimantan Tengah.

Secara filosofi, Huma Betang adalah rumah yang tinggi, dan di dalamnya terdapat berbagai macam suku bangsa dan agama, tetapi tetap bisa bekerjasama dan bergotong royong.

"Semua yang hidup dalam rumah betang dapat hidup rukun dan damai serta bekerja bersama sehingga Kalteng sangat layak disebut sebagai Bumi Pancasila," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved