Berita Banjarbaru

Nyasar ke Rumah Warga Batola, Satu Bekantan Kembali Diselamatkan, Evakuasi Minggu Depan

Satu ekor bekantan kembali diselamatkan. Kali ini masih di areal Kabupaten Barito Kuala (Batola).

Nyasar ke Rumah Warga Batola, Satu Bekantan Kembali Diselamatkan, Evakuasi Minggu Depan
banjarmasinpost.co.id/Nurkholis Huda
Bekantan yang diamankan warga Kabupaten Barito Kuala. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Satu ekor bekantan kembali diselamatkan. Kali ini masih di areal Kabupaten Barito Kuala (Batola).

Kasi Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Dishut Kalsel, Supiani, S. Hut. MP, Senin (11/2) menjelaskan bekantan tersebut nyasar ke rumah warga dan sempat diselamatkan warga

"Sekarang bekantannya di BKSDA di seksi wilayah 2 Banjarbaru, umur kurang lebih 2 tahunan," kata Supiani.

Pihaknya juga mengakui akan kembali ke wilayah Handil Bakti untuk mengevakuasi sebanyak 20 bekantan yang berada di atas pohon di sekitar Dinas PU Batola.

"Kami akan evakuasi kemungkinan dalam waktu minggu depan. Kami akan siapa. Apakah nanti dibius atau dengan cara dijaring," kata Supiani.

Diketahui, Dishut Kalsel mendapatkan laporan dari warga dan masyarakat sekitar akan adanya bekantan yang habitatnya kurang ideal, Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel mengambil sikap. Dari informasi tersebut ada sebanyak 20 bekantan di sekitar dinas PU Batola dan di Kawasan Sungai Taib Kotabaru sebanyak 15.

Baca: Terungkap! Sebelum Nodai 2 Bocah di Tanahbumbu, Mbah Minta Ijin ke Istri Pulang Nimbang Karet

Baca: Jawaban Maia Estianty itanya Postingannya, Kala Mulan Jameela dan Ahmad Dhani Dirundung Masalah

Baca: Ahmad Dhani Tulis Surat Dari Rutan Usai Dijenguk Mulan Jameela, Eks Maia Estianty Tak Jalani Vonis

"Karena itu kita siapkan siper khusus, untuk memburu bekantan tersebut termasuk di sekitar dinas PU Batola dan Di Sungai Taib Kotabaru. Siper tersebut bukan niper tajam akan tetapi obat bius agar kemudian bekantan tersebut bisa dialihkan ke habitat yang lebih layak," kata Kadishut Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq.

Disebutkan Hanif, perburuan tersebut akan segera dilakukan dan kemudian akan digabungkan dengan pemulangan bekantan dari Surabaya dari kebun Binatang Surabaya (KSB) sebanyak 20 ekor.

Diketahui Kebun Binatang Surabaya (KSB) sudah menyatakan over populasi untuk bekantan dan sebanyak 20 ekor bekantan direncanakan untuk dipulangkan ke Banua.

Dijelaskan Hanif, bahwa Tahura di Riam Kanan punya pulau rusa di Kawasan Waduk Riam Kanan. Dan itu luasnya sekitar 24 hektar. "Setelah kita lakukan cek oleh ahli bekantan prof Arif. Di lokasi pulau rusa itu bisa mampu ditempati 100 ekor bekantan. Kami sudah siapkan sarananya dan sudah memadai tinggal proses pelimpahan bekantan," tandas Hanif. (banjarmasinpost.co.id/lis)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved