Berita Kabupaten Banjar

Tim Penertiban APK di Kabupaten Banjar Belum Terbentuk Kendala Anggaran

Rapat dengar pendapat terkait anggaran Tim Penertiban Kampanye masih belum ada hasil, Senin (11/2).

Tim Penertiban APK di Kabupaten Banjar Belum Terbentuk Kendala Anggaran
Banjarmasinpost.co.id/Hasby
Rapat dengar pendapat di Komisi I DPRD terkait belum terbentuknya Tim Penertiban APK, Senin (11/2). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Rapat dengar pendapat terkait anggaran Tim Penertiban Kampanye masih belum ada hasil, Senin (11/2).

Rencana akan ditindaklanjuti menghadap Bupati Banjar, H Khalilurrahman dan Ketua Komisi I DPRD Banjar, Mulkan berjanji akan mendorong Sekretaris Daerah untuk mencari alokasi anggaran untuk pembentukan Tim Penertiban Kampanye tersebut.

Dalam rapat tersebut, dihadiri beberapa anggota DPRD Kabupaten Banjar seperti Gamal Abdul Nasir, Nasrullah, Faridah serta perwakilan dari Instansi terkait seperti, Kesbangpol yang langsung dihadiri Kepala Bagian Kesbangpol, Aslam, Kasat Satpol PP, H. Ahmadi, Plt Kabag Hukum Pemda dan Bawaslu Kabupaten Banjar yakni Syahrial Fitri, Hairul Falah, Ramliannnor, Rizki yang berdiskusi terkait peran pemerintah daerah dalam mensukseskan Pemilu Tahun 2019.

Syahrial Fitri mengatakan, dalam rapat dengar pendapat yang berlangsung di DPRD Banjar, Bawaslu Kabupaten Banjar juga menyampaikan pengawasan dan penindakan APK yang bermasalah dalam hal penempatan, semakin hari semakin bertambah pula APK yang ditertibkan, jumlah personil dan sarana dilapangan sangat terbatas.

Baca: Sepekan Hilang, Kakek Warga Kabupaten Kapuas Ini Akhirnya Ditemukan dalam Keadaan Tertelungkup

Baca: Dua Adik Ahok Alias BTP Sindir Undangan Jelang Pernikahannya dengan Puput Nastiti Devi

“Oleh sebab itu kami mendorong peserta pemilu dan timya untuk melepas sendiri dan memindah APK bermasalah dan ditempatkan sesuai aturan, terutama ketentuan-ketentuan kepemiluan dan Perda,” katanya.

Bawaslu Kabupaten Banjar mendorong secepatnya terbentuknya Tim Penertiban APK dan Kesepakatan Bersama semua Parpol menjelang Haul Abah Sekumpul sejak tanggal 1-14 Maret kedepan.

Pembentukan Tim Penertiban APK, yang sampai saat ini masih dalam proses, secara teknis masih terbentur dalam persoalan anggaran pelaksanaan dilapangan, karena melibatkan beberapa lembaga. Bawaslu Banjar terus berupaya melaksanakan koordinasi dengan pihak legislatif dan eksekutif Pemerintah Kabupaten Banjar, agar persoalan anggaran ini dapat teratasi,

Jika tidak ada solusi, maka pihaknya berharap, biaya operasional tersebut dikembalikan kepada instansi masing-masing. Terpentinf Tim Penertiban APK ini segera terbentuk guna menghindari resistensi atau ketegangan yang mungkin akan terjadi dilapangan pada saat penertiban, baik itu dengan pihak parpol, caleg, tim kampanye, simpatisan dan sebagainya.

Selain terkait pembentukan Tim Penertiban APK tersebut, Bawaslu Banjar juga mendorong pihak Kesbangpol dan Bagian Hukum Pemkab untuk sesegeranya menyusun draft Peraturan Bupati terbaru, dikarenakan Peraturan Bupati Nomor 17 Tahun 2013 Tentang Pemasangan Atribut dan Penggunaan Fasilitas Umum untuk Pelaksanaan Kegiatan Kampanye, sudah tidak relevan lagi untuk Pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2019 kedepan.

Kepala Badan Kesbangpol Pemkab Banjar, Aslam mengakui saat ini memang tidak teranggarkan mengingat dalam penyusunan anggaran mengacu kinerjar dan kalaupun menginginkan dianggarkan maka menunggu APBD Perubahan. Tetapi menurutnya hal itu tidaklah masalah, dikarenakan sebenarnya masing-masing badan atau dinas terkait bisa saja melaksanakan penertiban sepanjang ada permintaan dari Bawaslu.

“Soal anggaran bisa saja dikesampingkan dulu demi suksesnya pesta demokrasi Pileg dan Pilres karena ini adalah agenda nasional. Bisa masing-masing instansi terkait asalkan ada koordinasi dengan Bawaslu Banjar,” katanya.

Dia menegaskan, terpenting adalah bersama-sama menjunjung tinggi sinergitas antara Bawaslu Banjar, Kesbangpol dan Satpol PP Kabupaten Banjar, demi suksesnya pesta demokrasi yang digelar April 2019 mendatang. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved