Serambi Mekkah

Bupati Banjar H Khalilurrahman Kunjungan Kerja ke Kementerian Perekonomian, ini Tujuannya

Rombongan diterima Asisten Deputi Bidang Perkebunan dan Hortikultura, Wilistra Danny.

Bupati Banjar H Khalilurrahman Kunjungan Kerja ke Kementerian Perekonomian, ini Tujuannya
Kominfo banjar
Bupati Banjar, H Khalilurrahman kunjungan kerja ke Kementerian Perekonomian RI, Rabu (13/2). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA — Pemkab Banjar terus mendorong produksi perkebunan di Kabupaten Banjar.

Salah satunya adalah Bupati Banjar, H Khalilurrahman didampingi Sekda Banjar, H Nasrun Syah, Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Banjar, Dondit Bekti melakukan kunjungan kerja ke kementerian perekonomian RI, Rabu (13/2).

Rombongan diterima Asisten Deputi Bidang Perkebunan dan Hortikultura, Wilistra Danny.

Tujuan lainnya kunker ke kementerian perekonomian juga dalam rangka pengembangan dan replanting sawit dan replanting karet yang berbasis kerakyatan dan kakao serta kopi.

Dalam kunjungan kerja tersebut dibahas tentang upaya-upaya untuk meningkatkan harga karet dan membantu petani pekebun dalam upaya peningkatan kualitas kebun sawit dan karet rakyat yang baik serta menggunakan bibit yang berlabel sesuai yang direkomendasikan oleh Pemerintah.

“Kunker tersebut juga dalam rangka meningkatkan keberadaan beberapa komoditas perkebunan seperti karet, sawit, kopi dan kakao, yang semuanya berbasis masyarakat,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Banjar, Dondit Bekti.

Lebih lanjut Dondit mengatakan, khusus untuk sawit dan karet, lebih diarahkan pada peremajaan, sedangkan untuk kopi dan kakao dalam hal pengembangannya, Kabupaten Banjar termasuk daerah pengembangan zona karet, sehingga perlakuan awal harus diperhatikan.

Disebutkannya seperti pemakaian bibit yanf berlabel atau bersertifikasi, cara bertanam yang baik dan benar, pemeliharaan dan pengelolaan yang baik.

Dengan demikian diharapkan mendapat hasil yang maksimal.

Adapun zona karet di Kabupaten Banjar berada di Karangintan, Mataraman, Pengaron, Sungaipinang, Simpangempat dan Aranio. Komoditas karet, lebih diarahkan pada replanting yang rata-rata berumur lebih dari 20 tahun.

Lanjut Dondit, harapannya dapat meningkatkn produksi dan produktivitas karet, yang selanjutnya dapat mendukung keberadaan UPPB yang produksi akhirnya berupa Rubber Smoke Sheet (RSS).

Bupati Banjar, H Khalilurrahman mengharapkan semoga program dan kunjungan kerja ke Kementerian Perekonomian ini, dapat dimanfaatkan dengan baik di Kabupatan Banjar, khususnya untuk pengembangan perkebunan yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat petani. (aol/*)

Penulis: Hasby
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved