Berita Banjar

NEWS VIDEO : Antisipasi Kepadatan Lalu Lintas Haul Guru Sekumpul, Pemkab Banjar Buka Jalan Baru

NEWS VIDEO : Antisipasi Kepadatan Lalu Lintas Haul Guru Sekumpul, Pemkab Banjar Buka Jalan Baru

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Jemaah haul ke-14 Guru Sekumpul tahun ini (2019) pada 9-10 Maret mendatang dipastikan bakal kembali membeludak seperti tahun-tahun sebelumnya dan bahkan bisa lebih banyak. Berbagai upaya mengurai kepadatan lalu lintas pun terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Banjar.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni membuka jalan baru dari kawasan Sungaiulin (Banjarbaru) yang menembus ke jalan poros di Indrasari, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar. Survei lokasi dilakukan, Rabu (13/02/2019) siang.

Kegiatan tersebut melibatkan tiga pihak terkait yakni Pemkab Banjar diwakili Lurah Sekumpul Gusti Marhusin, Pemko Banjarbaru diwakili Lurah Sungaiulin Muhammad Farhani, dan dua orang konsultan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemerintah Provinsi Kalsel yakni Dwiki Purwa Caraka dan Helmi Didi Yahya. Turut hadir tokoh masyarakat sekitar lokasi.

Baca: Ada 1,4 Juta Transmigran Datang ke Kalteng? Ini Klarifikasi Kadisnakertrans Provinsi Kalteng

Konsultan Dinas PUPR Kalsel Dwiki Purwa Caraka menuturkan panjang jalan tembus tersebut 726 meter. Total lebar bentang badan jalan yang akan dibangun yakni 20 meter, termasuk bahu kanan kiri jalannya. Lebar penampang badan jalannya sekitar 16 meter.

Kapan kegiatan fisik akan dilaksanakan? "Secepatnya, karena waktunya sudah sangat mepet. Diupayakan dalam rentang waktu sepekan mendatang sudah bisa dilaksanakan pengerjaannya," ucap Dwiki.

Pantauan di lokasi, di area jalan tembus tersebut, di dekat simpang tiga telah dipajang spanduk berisi larangan membuang sampah di kawasan tersebut karena di lokasi itu akan dibangun posko haul Abah Guru Sekumpul. Spanduk itu persis di area yang sebelumnya menjadi tempat warga sekitar membuang sampah.

Baca: Istri Hamish Daud, Raisa Melahirkan, Ustadz Abdul Somad Jelaskan Soal Amalan Agar Mudah Melahirkan

Warga berharap pembangunan jalan tembus tersebut bisa secepatnya direalisasikan dan pelaksanaannya lancar. "Semoga saja tidak ada hambatan karena ini memang sudah sempit sisa waktunya. Jalan tembus Sungaiulin-Indrasari itu memang sangat bermanfaat untuk memperlancar arus lalu lintas jemaah," ucap Rahman, warga Sungaiulin.

(banjarmasinpost.co.id /Idda Royani)

Penulis: Idda Royani
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved