Bumi Sanggam

Pemkab Balangan Gelar Diklat Penyusunan LPPD dan LKPJ 2018

Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) harus selesai dan disampaikan paling lambat akhir Maret 2019 ke Kementerian Dalam Negeri

Pemkab Balangan Gelar Diklat Penyusunan LPPD dan LKPJ 2018
Dok Humas Pemkab Balangan untuk BPost Group
Pemkab Balangan menggekar Diklat Penyusunan LPPD dan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Balangan Tahun Anggaran 2018. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) harus selesai dan disampaikan paling lambat akhir Maret 2019 ke Kementerian Dalam Negeri RI.

Untuk mempersiapkannya, Pemkab Balangan menggekar Diklat Penyusunan LPPD dan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Balangan Tahun Anggaran 2018.

Diklat yang berlangsung selama lima hari ini merupakan hasil kerjasama dengan Pusat Pengembangan Infrastruktur dan Keuangan Daerah (Puspikada) serta Bank Kalsel Cabang Paringin.

"Ilmu yang akan dibagikan narasumber dalam diklat ini harus dapat dipahami, terapkan dan buktikan dalam melaksanakan tugas di Balangan," ujar Bupati Balangan H Ansharuddin dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Balangan, H Ruskariadi, saat membuka diklat, Selasa (12/2/2019), di Hotel Orchardz Industri, Jakarta.

Baca: Kisah Petani Karet Tabalong Tingkatkan Kualitas Hasil Karet dari Kebunnya

Lebih lanjut, disampaikannya, kegiatan diklat dilaksanakan secara khusus untuk mempersiapkan semua hal dalam menyusun LPPD, yang harus sudah selesai dan disampaikan paling lambat akhir bulan Maret 2019 ke Kementerian Dalam Negeri RI.

Tujuan penyusunan LPPD agar hasil laporan menjadi lebih terstruktur dan dapat menyajikan sebuah data yang dapat dijadikan ukuran kinerja pemerintah.

Diklat Penyusunan LPPD dan LKPj  2018 (1)
Diklat Penyusunan LPPD dan LKPj  2018 (1) (Dok Humas Pemkab Balangan untuk BPost Group)

"Oleh karena itu saya berharap, kegiatan ini diikuti dengan sungguh-sungguh, sehingga nantinya LPPD dan LKPJ tahun anggaran 2018 ini lebih baik dari tahun sebelumnya," harapnya.

Kemudian, keikutsertaan jajaran Pemkab Balangan dalam diklat ini, tidak lain adalah sebagai bagian dari pelaksanaan salah satu misi, yaitu optimalisasi pemberdayaan aparatur pemerintah daerah.

Baca: NEWS VIDEO : Antisipasi Kepadatan Lalu Lintas Haul Guru Sekumpul, Pemkab Banjar Buka Jalan Baru

"Aparatur adalah sebagian dari sumber daya manusia yang dimiliki oleh daerah. Harus dioptimalkan, agar pengelolaan daerah dan segala potensinya juga bisa optimal.Ini sangat penting bagi kita di Balangan, mengingat daerah kita masih banyak bidang yang harus dibenahi," ungkapnya.

Sementara, Ketua Umum Puspikada, Syarif Syahrir, menyampailan, kegiatan diklat berlangsung selama 5 hari dari 12-16 Februari 2019 dengan diikuti sebanyak 127 peserta.

"Terselenggaranya Diklat ini, merupakan upaya kita bersama untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan transparan. Kami berharap, kerjasama ini juga terus berlanjut dalam rangka pengembangan sumber daya aparatur Pemkab Balangan yang senantiasa dituntut dalam meningkatkan kinerjanya," harap Syarif Syahrir. (*/aol)

Penulis: Dony Usman
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved