Berita Kalteng

Program Transmigrasi Food Estate 1,4 Juta Jiwa Menuai Protes, ini Tanggapan Gubernur Kalteng

Adanya pro kontra bahkan rencana aksi berupa unjukrasa memprotes program transmigrasi untuk Kalteng mencapai 1,4 juta jiwa yang akan dipekerjakan

Program Transmigrasi Food Estate 1,4 Juta Jiwa Menuai Protes, ini Tanggapan Gubernur Kalteng
tribunkalteng.com/faturahman
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Adanya pro kontra bahkan rencana aksi berupa unjukrasa memprotes program transmigrasi untuk Kalteng mencapai 1,4 juta jiwa yang akan dipekerjakan untuk program foodestate yang mulai dilakukan tahun 2019 ini, menjadi perbincangan warga Kalteng.

Pro kontra datang dari organisasi kemasyarakatan warga lokal, yang memprotes rencana tersebut, karena ada kekhawatiran program tersebut akan berdampak pada warga lokal yang selama ini makin terhimpit dengan banyaknya masuk pekerja luar Kalteng.

Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran dalam rapat koordinasi kesiapan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif tahun 2019, Rabu (13/2/2019) turut menanggapi masalah tersebut, dan menyatakan akan membicarakannya lagi.

Hal tersebut jadi pembicaraan Bupati Lamandau, Hendra Lesmana, yang saat ini pihaknya pun masih melaksanakan program transmigrasi tersebut.

Baca: Harapan Ayah Ayu Ting Ting Saat Anaknya Dikabarkan Dekat Pria Turki, Abdul Rozak: Yang Penting Setia

Baca: Foto Bayi Perempuan Raisa Sudah Tersebar, Ini Cara dan Tempat Istri Hamish Daud Melahirkan

Baca: Billy Syahputra Ngeluh Sakit Kepala Ditanya Soal Mbak Vera yang Dituduh Curi Uang Olga Syahpura

Baca: Curhat Ibu Irish Bella Soal Tunangan Anaknya dengan Ammar Zoni, si Mantan Kekasih Ranty Maria

Baca: Reaksi Aneh Nia Ramadhani Saat Jane Shalimar Ungkap Suami Baru, Teman Vanessa Angel Bikin Kaget

Hendra , bahkan meminta Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran, menanggapi protes warga yang menolak rencana tersebut.

Dalam rapat yang dihadiri para Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota se Kalimantan Tengah serta perwakilan dari Kapolda Kalteng dan Komandan Korem 102 Panju Panjung, serta penyelenggara Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden di Kalteng tersebut, Gubernur Sugianto mengatakan, agar program yang telah jalan di Lamandau terus dilanjutkan.

"Program itu masih berjalan di Kabupaten Lamandau, kami minta program yang telah berjalan tetap dijalankan, karena program tersebut dilakukan secara bertahap. Program Foodestate, memang membutuhkan banyak tenaga kerja, yang dipekerjakan dari warga lokal dan ada juga pendatang," ujarnya.

Dikatakan, untuk program selanjutnya akan dibicarakan lagi bersama beberapa pihak.

"Program itu akan dibicarakan lagi, dan yang patut diketahui, rekrutmen tenaga transmigrasi tersebut bukan hanya warga pendatang tetapi juga melibatkan warga lokal masing-masing 50 persennya dari luar Kalteng dan separuhnya lagi dari warga Kalteng sendiri, " ujarnya. banjarmasinpost.co.id/faturahnan

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved