Berita Banjar

Terapkan SIAP Beri Kemudahan Aparat Penegak Hukum

Penandatanganan Mou penerapan Sistem Informasi Administrasi Pidana (SIAP) di Kantor Kejari Kabupaten Banjar, Rabu (13/2/2019)

Terapkan SIAP Beri Kemudahan Aparat Penegak Hukum
Dok Kejari Banjar untuk BPost Group
Penandatanganan Mou penerapan Sistem Informasi Administrasi Pidana (SIAP) di Kantor Kejari Kabupaten Banjar, Rabu (13/2/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Menindaklanjuti coffeemorning akhir 2018 lalu membangun sinergitas antara para penegak hukum di Kabupaten Banjar, akhirnya Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar melaunching aplikasi Sistem Informasi Administrasi Pidana (SIAP), Rabu (13/2). Ditandai dengan penandatanganan MoU antar instansi penegak hukum.

Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar, Muji Martopo mengatakan, aplikasi SIAP merupakan hasil kerjasama antara kejaksaan negeri, Polres Banjar dan Pengadilan Negeri Martapura, serta Lapas Martapura. Aplikasi ini memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat di Kabupaten Banjar, khususnya bagi pencari keadilan.

SIAP juga bermanfaat bagi penyidik, hakim dalam menyelesaikan proses administrasi bisa lebih cepat, sehingga dalam proses eksekusi juga bisa lebih cepat dan dengan demikian hak-hak sebagai warga negara bisa terpenuhi.

Baca: Tips Mira Hotel Supaya Tetap Dapat Tamu Meski Tiket Pesawat Mahal

Sebelum dilaunching, pihaknya terlebih dulu melaksanakan ujicoba, seperti yang sudah dilakukan oleh jajaran Polsek Kertakhanyar. Nantinya setiap tiga bulan sekali, SIAP dievaluasi untuk penyempurnaan-penyempurnaan sembari menyesuaikan dengan perkembangannya kedepan.

“Lebih hemat, terlebih di Kabupaten Banjar secara geografis jumlah kecamatannya 20 kecamatan dengan jarak yang tergolong jauh-jauh. Sehingga dengan adanya aplikasi ini memudahkan bagi aparat penegak hukum dalam menyelesaikan administrasi pidananya,” jelasnya.

Bahkan kedepan, akan memudahkan bagi yang ingin membesuk anggota keluarganya atau kerabat di dalam Lembaga Pemasyarakatan. Namun untuk sementara waktu, SIAP ini digunakan internal bagi aparat penegak hukum sebagai wujud transparansi dalam proses hukum pidana.

Komandan Kodim 1006 Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto mengapresiasi atas dimulainya penerapkan aplikasi SIAP ini sebagai sistem kontrol perkara pidana umum secara online. Dengan adanya penerapan sistem SIAP yang dimiliki lembaga hukum pemerintah ini adalah inovasi atau terobosan baru mengikuti perkembangan informasi.

“Artinya untuk mempermudah pemantauan sekaligus nantinya bisa memberikan gambaran kepada masyarakat untuk turut serta dalam mengetahui tindak perkara Sistem Informasi Administrasi Perkara secara online,” katanya.

Baca: Ada 1,4 Juta Transmigran Datang ke Kalteng? Ini Klarifikasi Kadisnakertrans Provinsi Kalteng

Diakuinya, sebelum adanya program ini mungkin agak kesulitan untuk memberikan sosialisasi dan informasi administrasi baik antar institusi atau kemasyarakat. Dengan adanya SIAP, nantinya bebas siapa saja bisa mengakses.

Turut Hadir dalam acara tersebut,Kapolres Banjar AKBP Takdir Matanette, Ketua Pengadilan Martapura Sutiyono, Kalapas Khusus Anak Martapura M Latif Saifudin, Kalapas Perempuan Kelas II A Martapura Yunengsih, Kalapas Banjarbaru Abdul Azis, Assisten Administrasi Umun Kab Banjar, Pasi Intel Kodim Martapura, Kapten Inf Sunaryo.

(banjarmasinpost.co.id/Hasby Suhaily)

Penulis: Hasby
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved